Berapa Biaya Ubah HGB ke SHM? Begini Rincian Perhitungannya

Hak Guna Bangunan (HGB) hanya sebatas hak pakai atau hak sewa ke negara dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan, Sertifikat Hak Milik (SHM) adalah pengesahan kepemilikan properti atau tanah tanpa adanya batas waktu yang ditentukan.

Lantas, jika ingin mengubah status kepemilikan tanah dari HGB dan SHM, berapa jumlah biaya yang harus dikeluarkan? Simak rincian perhitungannya berikut ini:

Biaya BPHTB
Biaya Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) bergantung pada biaya Nilai Perolehan Objek Pajak (NPOP) serta luas tanah. Adapun rumusnya adalah 5 persen x (Nilai Perolehan Objek Pajak (NPOP) – Nilai Jual Objek Pajak Tidak Kena Pajak (NJOPTKP)).

sumber: rumahpantura.com

Biaya Pejabat PPAT
Tarif yang diterapkan setiap pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) biasanya berbeda-beda, bergantung pada setiap individu atau lembaga. Namun, rata-rata besaran tarif yang banderol adalah sekitar Rp 2 juta.

Biaya Pengukuran
HGB yang akan diubah menjadi SHM dengan luas tanah lebih dari 600 meter persegi, maka harus dikenakan biaya pengukuran. Rumusnya adalah [(luas tanah/500) x 120.000] + 100.000.

Biaya Konstantering Report
Sama seperti biaya pengukuran, tanah dengan luas lebih dari 600 meter persegi juga harus melakukan perhitungan biaya konstantering report. Rumus perhitungan biaya konstantering report adalah [(Luas Tanah/500) x 20.000 + 350.000]/2.

Jika semua biaya yang diperlukan sudah disiapkan, pemohon bisa mendatangi Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan menyerahkan seluruh dokumen persyaratan, di antaranya:

  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemohon.
  2. Fotokopi Kartu keluarga (KK).
  3. Surat Kuasa, hanya jika dikuasakan.
  4. Surat Persetujuan dari kreditor, hanya jika dibebani hak tanggungan.
  5. Fotokopi Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) Pajak Bumi Bangunan (PBB) tahun terakhir.
  6. Sertifikat HGB.
  7. Fotokopi Izin Mendirikan Bangunan (IMB).
  8. Surat Keterangan dari Lurah atau Kepala Desa untuk perubahan hak dari HGB menjadi SHM untuk rumah dengan luas 600 meter persegi.

Kemudian, isi seluruh formulir yang telah disediakan oleh pihak BPN dan melakukan pembayaran di loket. Harga pendaftaran untuk luas tanah maksimal 600 meter persegi adalah sebesar Rp 50.000.

Jika seluruh tahapan sudah dilakukan, maka sertifikat SHM akan siap diambil setelah 5 hari sejak hari pendaftaran.

sumber: kompas.com

Tinggalkan Balasan