Berhasrat ingin segera memiliki rumah? baca dulu panduannya berikut…

Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah berdiskusi dengan keluarga anda, dengan istri/suami anda, dan libatkan pula anak-anak anda (kalau sudah punya anak ya, klo belum ya jangan nyari dulu).

Gambarkan apa saja yang anda butuhkan dan lihat kemampuan finansial anda sejauh mana. Perhatikan rambu-rambunya sbb:

1. Tentukan kebutuhan ruang anda. Apabila anda hanya memiliki sebuah keluarga kecil dengan 1-2 anak yang masih kecil, mungkin kebutuhan rumah anda hanya rumah dengan 2 kamar tidur. Tapi perlu diperhatikan kalau anda berniat untuk tinggal lama dirumah itu, persiapkan kamar tambahan kalau anak anda sudah besar nanti. Idealnya memang ada 3 kamar cukup untuk keluarga dengan 2 anak.

2. Tentukan lokasi yang sesuai dengan kegiatan anda. Kalau misalkan kegiatan anda berada di daerah Bandung timur, entah itu anda kerja atau buka usaha disitu, maka sebaiknya anda mencari tempat tinggal yang dekat dengan kegiatan anda tersebut.
Lantas bagaimana kalau ternyata istri anda kerja nya juga di arah berlawanan: Bandung Barat? Nah, berarti ini perlu diskusi yang lebih matang lagi, mungkin pilihan di tengah-tengah bisa menjadi yang utama.

3. Tentukan budget anda. Sesuaikan kebutuhan anda dengan budget anda. Budget disini bisa juga dengan menentukan prediksi penghasilan anda selama 5-10 tahun kedepan. Karena umumnya cicilan rumah bisa berjangka panjang 10-15 tahunan, jadi anda masih punya pertimbangan apabila anda ingin menambah luasan rumah anda, atau pindah rumah ke rumah yang lebih besar.
Menjadi lebih efisien apabila dengan budget yang ada tapi mampu memenuhi kebutuhan ruang yang anda butuhkan.

Jadi, kesimpulannya, dari ketiga poin disini adalah:

– Lokasi strategis, luasan besar: Harga lebih mahal
– Lokasi strategis, luasan cukup: Harga pas
– Lokasi ga terlalu strategis, luasan besar: Harga lebih nyaman
– Lokasi ga terlallu strategis, luasan kecil: Pasti Pas!

Jadi, anda sudah siap untuk memiliki rumah?

Tinggalkan Balasan