Bolehkah Rumah Subsidi Diwariskan?

Pewarisan tanah maupun rumah adalah hal yang lazim dan umumnya dilakukan jika pemiliknya meninggal dunia. Tapi, bagaimana jika rumah yang dimiliki adalah rumah subsidi? Bolehkah rumah subsidi diwariskan dan bagaimana pewarisannya?

Terkait boleh atau tidaknya rumah subsidi berpindah kepemilikan karena pewarisan, pemerintah telah menetapkan aturan sebagaimana termaktub dalam Peraturan Menteri PUPR No. 20/PRT/M/2019 tentang Kemudahan dan Bantuan Pemilikan Rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah.

Di dalam Pasal 74 ayat (5), rumah tapak atau satuan rumah susun (sarusun) hanya dapat disewakan dan/atau dialihkan kepemilikannya apabila terjadi kondisi berikut:

foto: industriproperti.com/Rinaldi
  1. Pewarisan
  2. Telah dihuni lebih dari 5 tahun untuk rumah tapak
  3. Telah dihuni lebih dari 20 tahun untuk sarusun
  4. Pindah tempat tinggal akibat peningkatan sosial ekonomi
  5. Untuk kepentingan Bank Pelaksana dalam rangka penyelesaian kredit atau pembiayaan bermasalah.

Dengan kata lain, masyarakat diperbolehkan mengalihkan kepemilikan rumah bersubsidi dalam rangka pewarisan. Namun, di dalam pasal yang sama, pada ayat (5) disebutkan bahwa pengalihan kepemilikan untuk poin 2, 3, dan 4, hanya dapat dilakukan kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Selanjutnya, berkaitan dengan pindah tempat tinggal, masyarakat selaku pemilik rumah juga harus menunjukkan buktinya. Sebagaimana tertera dalam ayat (7), pemilik harus menyertakan surat keterangan pindah dari pihak yang berwenang di lokasi rumah tapak atau sarusun; dan surat pernyataan bahwa yang bersangkutan telah atau akan memiliki rumah lain.

Kemudian, pada ayat (8) ditegaskan bahwa rumah tapak dan sarusun yang dialihkan kepemilikannya dapat difasilitasi kredit pemilikan rumah (KPR) bersubsidi.

Terakhir, di dalam ayat (9) disebutkan bahwa penyewaan atau pengalihan kepemilikan rumah tapak atau sarusun untuk kepentingan bank pelaksana dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

sumber: kompas.com

Tinggalkan Balasan