Galau Banget, Mending Nikah Dulu atau Beli Rumah Dulu?

Buat Sobat Ngopi yang sudah menginjak usia 25 tahun, khususnya para pria, pasti banyak yang mengalami dilema di antara menikah dulu atau membeli rumah dulu. Persoalan mana yang sebaiknya didahulukan antara membangun keluarga atau membangun rumah memang sering bikin galau berat.

Banyak yang ingin cepat-cepat menikah, tapi merasa belum cukup mapan. Mapan yang dimaksud umumnya memiliki pekerjaan yang ideal dengan karier cemerlang, yang bisa membiayai segala kebutuhan hidup rumah tangga, termasuk memiliki rumah layak untuk istri dan anak-anak.

Sebuah survei kecil-kecilan yang dilakukan rumah.com mengungkapkan jika dua dari tiga pria memilih untuk menikah terlebih dahulu, dan hanya satu pria yang memilih membeli rumah terlebih dahulu.

sumber: themorningbulletin.com.au

Pertanyaan dilematis tersebut diberikan pada tiga orang pria yang bekerja di sebuah perusahaan swasta. Pria A dan C lebih mengutamakan membangun rumah tangga dulu baru membeli rumah, sedangkan pria B bersikeras harus punya rumah dulu sebelum menikah.

Lalu, pilihan mana yang seharusnya diambil? Sebaiknya menikah dulu atau memiliki rumah dulu?

Menurut kacamata Financial & Business Planner (CFP) sekaligus Founder Zap Finance, Prita Ghozie, menikah adalah suatu keputusan yang sebaiknya tidak dipertentangkan dengan pembelian rumah. Sebabnya, menikah bisa dilakukan dengan cara sederhana dan dengan biaya yang tak terlalu besar, yang penting tercatat sah secara hukum dan agama.

Setelah itu, barulah setelah menikah pasangan suami istri bisa mulai menabung bersama-sama untuk membeli rumah impian untuk keluarga.

Namun, kalau Sobat Ngopi merasa belum siap untuk menikah, sebaiknya penghasilan setiap bulannya dialokasikan untuk tabungan membeli rumah. Ingin rumah tapak atau apartemen, tinggal menyesuaikan dengan bujet dan kebutuhan keluarga.

Untuk harganya, semua tergantung dari kemampuan finansial yang dimiliki. Jika hanya sanggup mencicil hunian seharga kurang dari Rp 500 juta, jangan memaksakan diri. Belilah rumah sesuai kebutuhan dan keuangan Sobat Ngopi. 

Tinggalkan Balasan