Ingin Membeli Properti untuk Investasi? Simak 6 Tips Ini!

Nilai jual properti yang selalu naik setiap tahunnya membuat bisnis properti selalu memiliki daya tarik tersendiri. Namun, membeli properti untuk investasi berbeda dengan untuk hunian pribadi. Karena itu, membeli properti untuk investasi bukan sekadar memilih properti mana yang indah atau mewah, tapi yang punya prospek besar dalam menghasilkan keuntungan.

Jika Sobat Ngopi berniat memulai bisnis properti, enam tips berikut ini akan bermanfaat dalam memilih properti yang tepat untuk aset investasi, seperti yang dilansir dari liputan6.com.

Lakukan Riset Pasar
Jangan melakukan riset hanya saat ingin membeli properti. Buat rencana ke depan dan selalu perhatikan pergerakan dan pola pasar properti.

sumber: internachiquebec.org

Ini akan memberi waktu untuk mengumpulkan data dan pengetahuan yang diperlukan untuk memahami bagaimana industri properti berperilaku. Alhasil, jika waktunya tepat, akan bisa didapatkan penawaran bagus berdasarkan area, nilai properti, pasar sewa, dan kualitas properti.

Pilih Jenis Real Estat
Tidak ada properti buruk dalam hal investasi. Umumnya, orang mencari properti hunian dan menyewakan atau menjualnya. Namun, ada pilihan untuk berinvestasi di properti ritel serta komersial dan industri. Tentu saja, jenis properti industri akan membutuhkan lebih banyak modal dan harus berurusan dengan bisnis dan permintaan di pasar untuk jenis properti tersebut.

Namun, jika mencari investasi yang lebih aman, belilah properti tanah. Tanah adalah properti yang paling laku dan stabil, bahkan selama kondisi ekonomi yang tidak stabil.

Berpikir di Luar Lokasi
Ketika berbicara tentang properti, semua orang mengatakan untuk fokus pada lokasi. Namun dalam lingkungan saat ini, hal itu seharusnya tidak menjadi aspek utama. Saat mencari properti yang akan dibeli, juga harus melihat merek pengembangnya.

Selain itu, lihat desain, latar belakang, juga fasilitas yang ada di properti tersebut. Hal ini akan menjadi aset di masa depan saat nanti akan menjual atau menyewakannya.

Manfaatkan Volatilitas Pasar
Setiap kali ada tantangan ekonomi atau konflik politik di suatu negara, pasar properti menderita seperti industri lainnya. Namun, ini bukanlah hal yang buruk. Investor yang jeli pasti tahu bahwa pada masa-masa kritis, orang sering kali kesulitan untuk membayar cicilan pinjaman rumah.

Jadi, banyak orang yang terpaksa harus menjual rumahnya di bawah harga pasar. Jika memiliki uang tunai, manfaatkan situasi ini dan belilah properti yang layak dengan harga yang sangat rendah.

Ini tidak hanya menghemat banyak uang, tapi juga properti tersebut dapat segera disewakan dan menghasilkan cuan. Ketika pasar nantinya bergerak naik, jual dengan margin keuntungan yang lebih besar dibandingkan ketika properti tersebut dibeli.

Beli Properti dengan Persyaratan Pinjaman yang Menguntungkan
Pinjaman adalah faktor penarik perhatian yng cukup besar dalam pembelian properti. Namun, perlu riset pada beberapa bank dan pilih salah satu yang menawarkan suku bunga terbaik untuk pinjaman rumah sesuai syarat dan ketentuannya. Untunglah di era pandemi, Overnight Policy Rate (OPR) yang menentukan suku bunga kredit cukup rendah.

Jadi, jika membeli properti sekarang, bisa mendapat pinjaman dengan tingkat bunga yang lebih rendah dari biasanya. Artinya, posisinya akan menguntungkan karena yang dibayar lebih sedikit dari cicilan pinjaman bulanan.

Dapatkan Bantuan Profesional
Pekerjakan seorang profesional atau konsultan yang berkualifikasi jika serius ingin membeli properti untuk investasi. Mereka dapat memberi informasi penting tentang pasar properti yang tidak dapat diperoleh dari riset sendiri.

Mereka juga dapat membantu menegosiasikan harga properti dan memberi syarat dan ketentuan yang lebih baik saat berurusan dengan pembeli.

Tinggalkan Balasan