Ingin Memulai Bisnis Properti? Ini 4 Peran yang Bisa Dijalankan

Bisnis properti adalah bisnis yang sangat menjanjikan, mulai dari rumah tinggal, apartemen, tempat usaha, hingga gedung perkantoran. Harga properti yang selalu naik dan ming-iming keuntungan besar yang akan didapatkan membuat banyak orang tertarik untuk terjun di bisnis properti.

Lantas, apa saja yang bisa dijalankan dari bidang properti ini? Setidaknya ada empat peran penting dalam sebuah bisnis properti yang bisa Sobat Ngopi jalankan, seperti yang dilansir dari rumah.com.

Agen Properti
Agen properti disebut juga sebagai broker atau marketing. Agen properti adalah orang yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli. Agen properti biasanya bekerja untuk sebuah perusahaan yang menawarkan properti, tapi ada pula agen properti yang bekerja secara independen. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, di antaranya:

sumber: rumah.com

Pengembang Properti (Developer)
Istilah pengembang properti atau developer tidak hanya merujuk pada perusahaan besar dan ternama di dunia properti. Jika Anda memiliki sebidang lahan dan ingin membangun beberapa rumah atau cluster berskala kecil lalu menjualnya, Anda sendiri sudah bisa disebut sebagai developer.

Yang harus diperhatikan, developer harus memastikan lahan berada di lokasi strategis dan banyak diincar orang. Selain itu, developer juga harus memahami legalitas dengan mengecek sertifikat yang ada, termasuk soal perizinan IMB, site plan, dan pemanfaatan tanah. Tak lupa juga untuk membuat master plan atau rencana induk pedoman pembangunan yang mencakup site plan, gambar jalan, dan waktu pelaksanaan.

sumber: dumblittleman.com

Perantara Penjualan
Perantara penjualan adalah usaha perorangan yang menghubungkan penjual dengan pembeli. Sering kali, profesi sebagai perantara penjualan mengalir begitu saja hanya karena membantu teman atau keluarga mencarikan rumah atau properti lainnya.

Profesi perantara penjualan cocok bagi pemula yang ingin terjun bisnis properti dengan modal minim. Hanya bermodal pulsa dan kuota internet untuk beriklan di media sosial dan menghubungi calon pembeli dan penjual, Anda sudah bisa menjadi seorang perantara penjualan.

Tugas perantara penjualan umumnya mencarikan penyewa, pembeli, atau penjual yang berminat pada sebuah properti. Sistem komisi yang digunakan adalah bagi hasil yang dapat mencapai 2,5% dari harga properti.

Investor properti
Investor properti adalah orang yang berinvestasi atau membeli sejumlah properti untuk dijual kembali atau disewakan. Karena harga properti dan kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal cenderung terus meningkat, berinvestasi properti menjanjikan keuntungan yang fantastis. Bahkan menurut data, 90 persen miliarder menjadi kaya raya karena berinvestasi di bidang properti,

Tinggalkan Balasan