Ingin Mengajukan KPR tapi Utang Masih Menumpuk? Begini Cara Melunasinya!

Untuk mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Sobat Ngopi harus melalui dulu proses yang dikenal sebagai BI Checking. BI Checking merupakan riwayat pinjaman seorang nasabah, sehingga dapat diketahui apakah ia pernah menunggak kredit atau tidak. Dalam BI Checking terdapat informasi mengenai identitas debitur, besar agunan, pemilik, pengurus, penjamin, fasilitas penyediaan dana, juga kolektibilitas yang ada di dalamnya.

Kini, BI Checking telah beralih menjadi Sistem Layanan Informasi Keuangan atau SLIK. SLIK sendiri merupakan sistem informasi yang pengelolaannya di bawah tanggung jawab OJK. Sistem ini sebagai bentuk pelaksanaan tugas OJK dalam pengawasan dan pelayanan informasi keuangan. Salah satunya adalah informasi debitur (iDeb).

Nah, untuk mengajukan KPR, utang Sobat Ngopi harus segera dilunasi dulu. Karena jika ada catatan utang di BI Checking, akan mengganggu proses KPR yang sedang diajukan.

sumber: bankrate.com

Bagaimana agar bisa melunasi utang-utang yang sudah menumpuk? Berikut ini cara terbaik yang bisa ditempuh dalam melunasi utang, seperti yang dilansir dari rumah.com.

Bayar Lebih dari Pembayaran Minimum
Jika tagihan minimum setiap bulan misalnya sebesar Rp 1 juta, maka bayarkan lebih besar dari jumlah tagihan minimal tersebut. Dengan membayar lebih dari jumlah minimal, maka bisa mengurangi waktu yang diperlukan untuk melunasi tagihan utang. Gunakan uang berlebih yang biasa dipakai untuk jajan atau belanja yang tidak penting, untuk membayar lebih dari cicilan minimum.

Ambil Pekerjaan Sampingan
Agar bisa lebih cepat melunasi utang, carilah pekerjaan sampingan. Penghasilan yang didapatkan dari pekerjaan sampingan tersebut harus digunakan sepenuhnya untuk membayar utang. Metode ini juga sangat ampuh karena penghasilan utama jadi tidak terlalu terganggu untuk membayar utang.

Coba Metode Bola Salju
Dilansir dari The Simple Dollar, metode bola salju adalah cara pembayaran utang dimulai dari yang paling kecil terlebih dahulu. Bayarlah utang dimulai dari utang yang paling kecil dan lunasilah. Setelah utang yang terkecil lunas, maka gunakan uang lebihnya untuk membayar utang yang lebih besar lagi. Lakukan terus seperti itu sampai semua utang bisa diselesaikan.

Cara ini juga bisa memiliki efek psikologis yang membuat perasaan menjadi lebih tenang karena utang satu per satu bisa dilunasi.

Hidup Minimalis
Untuk melunasi utang dengan cepat, biasakanlah hidup minimalis, dan potong anggaran pengeluaran sebanyak mungkin. Metode ini memerlukan pengorbanan yang sangat kuat, namun hasil yang didapatkan bisa menjadi lebih maksimal. Kurangi jajan dan membeli sesuatu yang tidak penting. Gunakan anggaran berlebih tersebut untuk menambah uang untuk melunasi utang.

Ajukan Pengecilan Bunga Pinjaman
Jika merasa bunga pinjaman dari utang terlalu besar, maka cobalah mengajukan pada bank untuk mengecilkan bunga pinjaman tersebut. Biasanya bank akan menyetujui jika rekam jejak pembayarannya yang baik.

Jual Barang Tidak Terpakai
Cara ini bisa digunakan jika sudah benar-benar kepepet dan harus segera melunasi utang. Pilih barang-barang yang sudah tidak dibutuhkan lagi dan jual barang tersebut secara online atau buatlah garage sale.

Tinggalkan Balasan