Ini Alasan Pentingnya Memiliki Asuransi Kebakaran Rumah

Kebakaran rumah bisa dicegah dan dihindari. Namun tak dapat dipungkiri, musibah apapun, termasuk kebakaran, bisa saja terjadi kapan saja. Sebab kebakaran pun bisa sangat tak terduga, misalnya karena sambaran petir, korsleting listrik, ataupun ledakan tabung gas. Ditambah lagi, si jago merah bisa dengan sangat cepatnya melahap bagian-bagian rumah.

Karena itu, penting sekali untuk Sobat Ngopi memiliki asuransi. Apalagi, jika terjadinya kebakaran bukan karena kesengajaan atau kelalaian, asuransi akan jadi jalan keluar terbaik. Berikut ini beberapa alasan pentingnya memiliki asuransi kebakaran rumah:

Ada Dana Perbaikan atau Beli Rumah Kembali
Rumah merupakan aset yang harganya tidak bisa dibilang murah. Jika rumah mengalami kebakaran dan tidak diasuransikan, belum tentu dana yang dimiliki bisa langsung memperbaiki rumah yang terbakar, apalagi untuk membeli rumah kembali.

sumber: bestlifeonline.com

Memang bisa saja berutang pada bank atau pihak lain untuk biaya renovasi rumah, atau mengajukan KPR untuk membeli rumah. Namun, akan lebih baik jika memiliki asuransi kebakaran. Jika musibah terjadi, dana perlindungan rumah bisa diklaim untuk kebutuhan tersebut.

Dapat Biaya Penggantian Barang
Bukan hanya mengganti biaya kerusakan atas bangunan yang mengalami kebakaran, asuransi kebakaran rumah juga akan mengganti biaya kerusakan atas barang-barang yang ikut terbakar. Dengan catatan, kebakaran tersebut terjadi bukan karena kelalaian sendiri.

Difasilitasi Tempat Tinggal Sementara
Asuransi kebakaran bisa memfasilitasi tempat tinggal sementara jika rumah terbakar habis. Biasanya tempat tinggal sementara tersebut disediakan secara cuma-cuma oleh pihak asuransi.

Perlindungan Lainnya
Asuransi kebakaran tidak hanya memberikan perlindungan rumah dari kebakaran, tapi juga musibah lainnya. Salah satunya adalah musibah tertimpa pesawat, baik itu pesawat terbang komersial ataupun non komersial seperti pesawat militer, helikopter, dan pesawat latih. Kejadian seperti ini memang kecil kemungkinannya, tapi yang namanya musibah kan tidak ada yang tahu.

Tinggalkan Balasan