Jangan Sampai Keliru, Ini Perbedaan SHM dan HGB

Legalitas sangat diperlukan dalam transaksi jual beli properti. Hal itu bertujuan untuk menghindari masalah yang akan muncul terkait legalitasnya di kemudian hari. Jangan sampai lalai mengecek status legalitas sebuah properti agar tak terjerat dalam sengketa kepemilikan.

Nah, bicara soal legalitas, masih banyak masyarakat yang belum mengerti benar mengenai perbedaan antara Sertifikat Hak Milik (SHM) dengan Sertifikat Hak Guna Banguna (HGM). Agar tidak lagi terjadi kekeliruan dalam memahami SHM dan HGB, simak uraian berikut seperti yang dilansir dari rumah.com.

Pengertian SHM
Sertifikat Hak Milik (SHM) adalah jenjang sertifikat hak atas sebuah tanah yang kastanya paling tinggi atau terkuat. Dikatakan terkuat karena SHM adalah jenis sertifikat yang pemegangnya memiliki kekuasaan penuh sebagai pemilik dari suatu lahan dengan luas tertentu yang tercantum dalam surat dengan waktu yang tidak terbatas.

sumber: breakingnews.co.id

Dengan demikian, pemegang sertifikat yang tercantum dalam surat menjadi pemilik seutuhnya tanpa adanya campur tangan dan kemungkinan kepemilikan bagi pihak lain.

Pengertian HGB
Hak Guna Bangunan (HGB) adalah kewenangan yang diberikan oleh pemerintah atau suatu hak yang didapatkan untuk menggunakan lahan yang bukan miliknya sendiri dengan jangka waktu 30 tahun dan dapat diperpanjang maksimum 20 tahun.

Artinya, pemilik sertifikat HGB hanya diberikan kuasa untuk memberdayakan lahan, baik untuk mendirikan bangunan ataupun keperluan lain dalam jangka waktu tertentu. Jadi, pemilik properti dengan status HGB hanya memiliki bangunannya saja, sedangkan tanahnya masih milik negara.

Pemegang sertifikat HGB tidak merta bebas dalam penggunaan lahannya karena harus sesuai dengan perizinan. Tujuan lain yang sesuai kriteria HGB adalah ketika berencana untuk memiliki properti dengan penggunaan sementara atau salah satu cara kepemilikan properti bagi Warga Negara Asing.

Perbedaan SHM dan HGB
Agar lebih mudah dipahami, berikut tabel perbedaan antara SHM dan HGB:

sumber: rumah.com

Tinggalkan Balasan