Karena Alasan Kesehatan dan Keselamatan, Hindari 4 Lokasi Ini Saat Membeli Rumah

Tak dapat dipungkiri, lokasi adalah salah satu faktor terpenting yang harus dipertimbangkan saat akan membeli rumah. Hunian yang dekat dengan fasilitas umum, tempat perbelanjaan, jalan raya, gerbang tol, rumah ibadah, dan pusat pendidikan selalu menjadi incaran para pencari rumah.

Namun, ada beberapa tempat penting yang harus dihindari saat mencari rumah. Akan lebih baik lagi jika tempat-tempat tersebut berada jauh dari rumah. Berikut ini empat lokasi yang sebaiknya dihindari karena alasan kesehatan dan keselamatan penghuninya.

Bandara
Sebuah penelitian di Imperial College London, Inggris, menemukan bahwa orang yang tinggal di sekitar bandara memiliki peningkatan risiko penyakit kardiovaskular. Hal ini disebabkan suara bising dan keras yang ditimbulkan saat pesawat lewat, yang mampu menimbulkan reaksi kejut pada jantung dan menyebabkan tekanan darah meningkat. Hal tersebut akan berpengaruh pada kesehatan jangka panjang.

sumber: zameen.com

Sungai atau Kali
Hunian yang berlokasi di dekat sungai atau kali cukup berisiko terkena banjir dan abrasi. Untuk itu, cermati secara detail apakah kawasan rumah yang jadi incaran bebas dari banjir atau tidak, meski letaknya sangat jauh dari sungai.

Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET)
Lokasi SUTET harus dihindari saat mencari sebuah rumah tinggal karena alasan kesehatan dan keamanan. Sayangnya, hingga saat ini masih banyak masyarakat yang mengabaikan keselamatannya dengan mendirikan rumah di bawah SUTET. Berdasarkan hasil penelitian, penduduk yang bertempat tinggal di bawah SUTET 500 kV bisa terkena gejala hipersensitivitas atau electrical sensitivity, yaitu berupa keluhan sakit kepala (headache), pening (dizziness), dan keletihan menahun (chronic fatigue syndrome).

SPBU
Bagi sebagian orang, tinggal di dekat Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) merupakan sebuah kepraktisan. Namun di satu sisi, rumah yang jaraknya terlalu berdekatan (radius kurang dari 1 km) dengan pom bensin, bisa terkena dampak ancaman seperti kebakaran. Selain itu, faktor polusi udara yang ditimbulkan juga berakibat terhadap kesehatan.

Tinggalkan Balasan