Panduan Lengkap Ngontrak Rumah, Dari Menyiapkan Bujet Sampai Mendekor

Sebelum dana untuk membeli rumah sendiri terkumpul, sebagian besar masyarakat memilih untuk mengontrak rumah atau menyewa apartemen. Namun sebelum memutuskan untuk mengontrak atau menyewa hunian, ada beberapa hal yang harus benar-benar dipertimbangkan terlebih dahulu.

Apa saja yang jadi bahan pertimbangan untuk mengontrak rumah? Berikut ini panduan lengkapnya, mulai dari persiapan bujet sampai mendekor rumah, seperti yang dilansir dari homedit.com.

Menentukan Bujet
Sebelum mulai mencari rumah kontrakan, ada baiknyamencari tahu hunian seperti apa yang diinginkan dan tarif sewa yang mampu dibayarkan. Menghitung bujet tidak terlalu sulit, yaitu rata-rata jumlahnya sekitar 30 persen dari pendapatan bersih. Dengan mengetahui bujet akan mempermudah alokasi dana untuk kebutuhan sehari-hari, dan masih bisa menyisihkan uang untuk tabungan dan kebutuhan lainnya.

sumber: thebalance.com

Mencari Rumah/Apartemen
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menemukan rumah atau apartemen untuk dikontrak atau disewa. Beberapa orang ada yang menggunakan jasa broker/agen properti. Banyak situs dan aplikasi yang menyediakan banyak pilihan rumah kontrak dan apartemen sewa, serta daftar broker unggulan. Setelah menemukan unit idaman, simpan alamat dan data lengkapnya untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Bertemu Pemilik Rumah
Ketika bertemu dengan pemilik rumah, buatlah kesan yang positif agar mereka yakin untuk menyewakan hunian mereka. Meski begitu, jangan berhenti bertanya seputar rumah yang ingin disewa, riwayat, dan kondisi lingkungan dan tetangganya.

Siapkan Dokumen
Setelah yakin dengan hunian tersebut, lengkapi persyaratan yang dibutuhkan oleh pemilik rumah/apartemen sebelum menandatangani kontrak perjanjian sewa, mulai dari fotokopi rekening pajak, rekening bank, data diri, hingga data kerabat untuk referensi. Jangan lupa untuk aktif bertanya mengenai biaya dan deposit yang dibutuhkan oleh penyewa hingga biaya perawatan lingkungan.

Saat tiba waktunya menandatangani perjanjian kontrak atau sewa, Sobat Ngopi harus benar-benar paham keseluruhan poin dari perjanjian sewa yang akan ditandatangani.

Cek Kondisi Rumah
Sebelum positif pindah, teliti dan amati kekurangan interior ataupun kondisi bangunan yang memerlukan renovasi. Jika diperlukan, mintalah pemilik hunian untuk memperbaiki kerusakan tersebut sebelum rumah ditempati.

Mendekorasi Ruang
Setelah pindah ke hunian baru, diperlukan suasana layaknya rumah pribadi. Karena itu, dekorlah ruangan dengan beberapa ornamen-ornamen sederhana. Perlu diketahui, beberapa hunian sewa memberlakukan larangan dekorasi yang ekstrem. Salah satu contoh dekorasi sederhana misalnya menambahkan tanaman di dalam pot di beberapa sudut ruangan dan memberi sejumlah hiasan di dinding. Selain itu, ubahlah tata letak perabot untuk menciptakan suasana baru di rumah kontrakan.

Perlu diingat, jika tidak berencana menyewa atau mengontrak dalam jangka waktu yang panjang, janganlah memasukkan terlalu banyak barang mengingat barang-barang tersebut akan dikeluarkan kembali suatu saat nanti.

Tinggalkan Balasan