Perlu Diketahui, 3 Metode Menghitung Bunga KPR

Ada tiga metode atau cara dalam perhitungan bunga KPR yang perlu diketahui Sobat Ngopi. Metode atau cara tersebut antara lain metode efektif, flat, dan anuitas.

Menghitung Bunga KPR dengan Metode Efektif
Dengan metode efektif, jumlah bunga ditentukan berdasarkan perkalian tingkat suku bunga dengan sisa pokok pinjaman. Setiap bulannya, saldo pokok pinjaman akan berkurang seiring dengan pelunasan cicilan. Maka dalam metode ini, debitur akan membayar jumlah bunga KPR yang menurun setiap bulannya.

sumber: theglobeandmail.com

Menghitung Bunga KPR dengan Metode Flat
Dengan metode flat, bank pemberi pinjaman akan menghitung bunga berdasarkan pokok pinjaman di tahap awal. Berbeda dari metode efektif yang berdasarkan sisa pinjaman. Karena itu, debitur harus membayar jumlah bunga yang sama setiap bulan. Pokok pinjaman tetap karena faktor pengali dari bunga tidak berubah. Dengan demikian, porsi pokok dan porsi bunga KPR pun dalam jumlah cicilan yang tidak berubah.

Menghitung Bunga KPR dengan Metode Anuitas
Metode anuitas bisa dikatakan sebagai modifikasi dari metode efektif. Metode ini mengatur jumlah angsuran pokok dan bunga yang dibayar senantiasa sama setiap bulannya. Besaran bunga anuitas akan disesuaikan berdasarkan jumlah angsuran pokok yang berubah setiap bulannya, agar total angsuran tetap sama setiap bulannya.

Tinggalkan Balasan