Rumah Modern dan Rumah Konvensional, Apa Sih Bedanya?

Secara umum, rumah terbagi dalam dua kategori, yaitu modern dan konvensional. Pemilihan rumah sendiri tergantung pertimbangan dan kriteria hunian masing-masing, juga perilaku dan kebutuhannya. Lalu, apa perbedaan rumah modern dan konvensional?

Sistem Klaster
Rumah konvensional umumnya dibangun di era 1970 sampai 1990-an dengan sistem non-cluster. Sementara rumah modern saat ini umumnya dibangun dengan sistem cluster.

Struktur Bangunan
Rumah konvensional kebanyakan masih dua lantai. Itupun menggunakan pondasi jalur. Selain itu, drainase kurang bagus dan tidak terlalu besar, yang mengakibatkan air sering menggenang. Sementara, rumah modern menggunakan pondasi tiang pancang dan memiliki drainase lebih besar yang sistemnya terorganisasi dengan baik.

sumber: connect.buildnext.in

Kelistrikan
Rumah modern listriknya sudah underground. Sementara, listrik di rumah konvensional masih menggunakan kabel yang menggantung di udara dan berantakan, sehingga berisiko terjadi korsleting listrik.

Infrastruktur Jalan
Infrastruktur jalan rumah konvensional umumnya masih kurang terawat dan belum dipasang kanstin. Dalam pembangunan rumah konvensional juga tidak ada peningkatan elevasi tanah, sehingga membuat jalanan lebih tinggi dari rumah. Sementara, rumah modern cenderung menaikkan elevasi tanah pada bangunan.

Luas Tanah
Banyak rumah konvensional berdiri di atas tanah luas. Hal ini dirasa sudah tidak relevan lagi sekarang, sehingga banyak rumah modern hanya memiliki lahan terbatas. Sebab, tanah dan rumah besar sejalan dengan biaya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) setiap tahunnya.

Perawatan
Waktu dan biaya perawatan rumah konvensional juga besar, sementara perawatan rumah modern relatif tidak sebanyak rumah konvensional.

Sistem Keamanan
Sistem keamanan rumah konvensional umumnya belum tertutup serta tidak terintegrasi. Sementara, rumah modern cenderung menerapkan one gate system, super private, acces card, CCTV, keamanan terintegrasi, dan petugas security berpengalaman.

Fasilitas
Fasilitas pada rumah konvensional umumnya terbatas, seperti hanya taman dan lanskapnya cenderung kurang terurus. Sebaliknya, rumah modern memiliki fasilitas lengkap dan lingkungannya lebih bagus dan dikelola oleh manajemen. Jika ada kerusakan, manajemen bisa langsung dihubungi dan petugas atau teknisinya akan segera datang.

Desain dan Denah
Untuk rumah konvensional desainnya terlihat biasa saja dengan tampilan fasad yang standar. Sementara, rumah modern sangat memperhatikan desain dan denah untuk menarik calon konsumen.

dilansir dari: kompas.com

Tinggalkan Balasan