Rumah Seken Tidak Murah, Tapi Kenapa Masih Sangat Diminati?

Harga rumah seken sebenarnya tidak bisa dibilang murah. Bahkan, di sejumlah daerah justru harganya terpantau meningkat pada paruh pertama tahun 2022.

Berdasarkan hasil survei, daerah dengan harga rumah seken tertinggi secara tahunan adalah Medan, dengan pertumbuhan 11,2%. Sementara, Surakarta menempati posisi pertama secara nasional dengan kenaikan sebesar 2,1% untuk komparasi tren harga rumah seken yang dilihat secara bulanan.

Tren positif juga terlihat di area Jabodetabek dengan Jakarta 0,1%, Tangerang 0,5%, Depok 1,3%, Bogor 1,7%, dan Bekasi 1,0%.

foto: zillow.com

Lantas, dengan harga yang berpotensi terus meningkat, kenapa rumah seken masih diminati pembeli? Ada tiga alasan yang membuat rumah seken tetap banyak dilirik masyarakat.

Pertama, rumah seken merupakan unit yang siap huni.
Kedua, kepemilikan yang sudah pasti karena sudah memiliki sertifikat atau dokumen ready.
Ketiga, lingkungan sekitar rumah dan warga yang sudah ‘jadi’.

“Rumah seken punya beberapa kelebihan, seperti unit ready dan siap dihuni, kepemilikan yang sudah pasti karena sertifikat ready, dan biasa di lingkungan yang sudah jadi,” kata Wakil Ketua Umum Real Estat Indonesia (REI) Bambang Ekajaya.

Meski begitu, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan oleh calon pembeli rumah seken.

Pertama, calon pembeli harus memastikan keberadaan sertifikat rumah, misalnya sudah di tangan penjual atau masih di pihak bank.

“Harus dipastikan dengan bank tidak ada tunggakan atau juga dipastikan bisa di-hand over. Atau, dilunasi dulu baru buka KPR baru,” tambah Bambang.

Kedua, calon pembeli harus mengetahui tipe fondasi dari struktur rumah seken yang akan dibeli dan mengaitkannya dengan rencana renovasi.

“Bahkan kalau ada, minta gambar kerja struktur rumah. Kita sudah tahu kekuatan bangunan dan apa yang harus diperkuat kalau ada rencana perubahan,” jelas Bambang.

Ketiga, calon pembeli harus mencari tahu kondisi lingkungan rumah, hingga reputasi penjual.

sumber: kompas.com

Tinggalkan Balasan