Sebelum Beli Rumah Obral, Wajib Tanyakan Dulu 3 Hal Penting Ini

Dengan banyaknya insentif yang diguyurkan pemerintah di sektor properti, harga rumah pun diobral. Namun, sebelum memutuskan membeli rumah dengan harga miring, ada beberapa hal yang penting diperhatikan seperti lokasi, lingkungan, harga, sampai spesifikasi bangunan.

Karena itu, janganlah ragu untuk bertanya pada pengembang properti mengenai hal-hal penting yang berkaitan dengan pembelian rumah. Berikut ini tiga hal yang wajib ditanyakan sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli rumah agar tidak tertipu developer nakal.

Legalitas
Pertanyaan pertama yang harus diajukan adalah soal legalitas. Hal ini yang terpenting karena akan mempengaruhi proses pembelian ke depannya. Tanyakan pada developer tentang perizinannya, mulai dari izin lokasi, izin lingkungan, sampai izin pembangunan. Developer yang baik tentu tidak akan menutup-nutupi atau takut menunjukkan bukti legalitas perusahaan dan proyek perumahannya.

sumber: forbes.com

Minta juga pada developer untuk diperlihatkan sertifikatnya. Tanyakan bagaimana sertifikat akta jual beli (AJB) rumah nantinya, termasuk tanyakan mengenai sertifikat hak milik (SHM).

Serah Terima Kunci
Tanyakan pada developer kapan rumah bisa ditempati atau serah terima kunci. Biasanya rumah yang ready stock bisa lebih cepat diserahterimakan, sementara rumah inden harus menunggu beberapa bulan.

Tanyakan juga berapa lama proses pembangunannya. Selain itu, ingatkan soal pembangunan yang lewat dari target yang dijanjikan. Jika hal itu terjadi, tanyakan kompensasi apa yang didapatkan.

Spesifikasi Bangunan
Tanyakan pada developer spesifikasi bangunan apa yang digunakan untuk membangun rumah. Jangan lupa tanyakan luas tanah, kondisi lingkungan, fasilitas umum, sampai pemakaman di sekitarnya. Bisa juga meminta developer untuk mengantar survei ke proyek pembangunan yang sedang dikerjakan.

Tinggalkan Balasan