Sebelum Memutuskan Beli Rumah Incaran, Jawab Dulu 5 Pertanyaan Ini

JAKARTA, KOMPAS.com – Memiliki rumah sendiri merupakan impian setiap orang. Bila ada yang menawarkan rumah dengan lokasi strategis serta harga masuk akal, tentu Anda akan tergiur.

Namun, jangan buru-buru mengambil keputusan untuk membeli. Ambil waktu dan pikirkan apakah Anda layak mengeluarkan uang untuk memilki rumah tersebut.

Untuk memandu Anda menemukan yang sesuai, berikut beberapa pertanyaan yang wajib dijawab sebelum memutuskan untuk membeli rumah baru:

sumber: certusrecruitment.com

Apa Alasan Rumah Tersebut Dijual?
Mengetahui alasan mengapa rumah dijual dapat membantu Anda mendapatkan penawaran harga yang lebih baik. Jika pemilik sebelumnya menjual karena dia mendapatkan rumah lain, itu bisa berarti mereka dikejar tenggat waktu. Mereka mungkin bersedia memberi diskon dan mencapai kesepakatan lebih awal.

Mengetahui alasan penjualan rumah tersebut akan membantu Anda menghindari situasi yang sulit. Misalnya, apakah rumah sudah mengalami banyak kerusakan.

Seperti Apa Tetangganya?
Manusia adalah makhluk sosial, dan seorang tetangga bisa membuat perbedaan besar pada kualitas hidup Anda. Tetangga yang baik dapat membuat Anda merasa diterima di komunitas.

Namun, ada juga tetangga yang kerap membuat ulah. Karena itu, pastikan Anda memilih lingkungan tinggal yang berdampak positif.

Berapa Biaya Desain Interior?
Ketika calon pembeli rumah menganggarkan dana untuk rumah baru, mereka sering lupa memperhitungkan biaya desain interior. Padahal, seseorang yang membeli rumah pasti akan mengubahnya sesuai dengan seleranya.

Biaya untuk desain interior cukup mahal, tergantung pada ukuran dan kondisi, serta kebutuhan pemilik rumah. Jangan biarkan hal ini luput dari rancangan Anda dan baru menyadari masalahnya ketika sudah kehabisan uang.

Ke Arah Mana Rumah Menghadap?
Salah satu hal penting yang perlu diketahui saat membeli properti adalah arah properti tersebut menghadap. Ini akan turut menentukan suhu rata-rata di dalam rumah Anda.

Semakin hangat rumah, semakin banyak uang yang harus dikeluarkan untuk AC. Terkadang, sebuah rumah tidak mendapatkan banyak sinar matahari sama sekali, sehingga butuh waktu lama untuk mengeringkan pakaian.

Bagaimana Rencana Pembangunan di Daerah Tersebut?
Rencana pembangunan yang melibatkan jalur kereta api baru, mal baru, atau bahkan pusat perbelanjaan baru dapat memengaruhi nilai properti dalam jangka waktu menengah hingga panjang.

Jika membeli properti untuk tujuan investasi, maka rencana pengembangan daerah setempat akan menjadi kabar baik bagi Anda. Namun jika Anda ingin tinggal menetap dalam jangka waktu yang lama, pilihlah rumah yang daerah sekitarnya tidak memiliki rencana pembangunan jangka panjang.

Tinggalkan Balasan