Tak Betah Tinggal di Rumah Berhantu? Begini Cara Menjualnya

Rumah Sobat Ngopi ada “penunggu”-nya dan sering timbul gangguan-gangguan mistis? Mungkin saja rumah Anda berhantu. Nah, daripada selalu merasa takut dan jadi tidak betah di rumah, lebih baik rumahnya dijual saja. Tapi bagaimana ya cara menjual rumah yang diduga ada hantunya? Pasalnya, menjual rumah yang tidak ada masalah mistisnya saja bukan hal yang mudah, apalagi rumah yang sering mendapat gangguan suara-suara aneh dan penampakan.

Jika Anda ingin menjual rumah yang berhantu, simak beberapa tips yang dilansir dari kompas.com berikut ini, agar rumahnya cepat laku dan Anda tak lagi selalu merasa ketakutan.

sumber: kompas.com

Jujur Soal Kondisi Rumah
Jika rumah Anda berhantu, katakan dengan jujur soal kondisi rumah Anda tersebut pada agen properti. Nantinya agen properti akan memberikan sejumlah solusi, termasuk soal apakah kondisi rumah berhantu ini harus diberitahu pada calon pembeli atau tidak. Agen properti akan menyusun formula penjualan, sekaligus memeriksa landasan hukum yang diterapkan oleh pemerintah. Misalnya, terdapat negara yang mewajibkan pemilik dan agen properti untuk mengungkap kepada calon pembeli soal riwayat rumah berhantu atau tidak, meski banyak negara yang tak memiliki aturan seperti itu.

Tepis Rumor Rumah Berhantu
Ada rumah yang memang berhantu, tapi ada juga yang hanya sebatas rumor yang berkembang di masyarakat. Jika rumah Sobat Ngopi digosipkan warga berhantu hingga membuat Anda sendiri tak nyaman, coba beri penjelasan yang dapat menepis rumor tersebut saat akan menjualnya. Jika kehadiran hantu tak dapat dibuktikan, tegaskan jika hal tersebut hanya rumor yang beredar. Sebagai pemilik rumah, Anda harus bisa menghapus stigma rumah berhantu.

Minta Bantuan “Orang Pintar”
Meyakinkan orang kalau rumah Anda tidak berhantu bukan perkara mudah. Karena itu, untuk menenangkan warga dan calon pembeli, Sobat Ngopi bisa memanggil “orang pintar” untuk melakukan ritual khusus untuk “membersihkan” rumah Anda. Jika memang berhantu, hawa mistis dan energi negatif akan dinetralkan. Jika sebenarnya tak berhantu atau hanya rumor, paling tidak hal tersebut akan memberi ketenangan pada calon pembeli.

Tawarkan Harga Miring
Rumah berhantu bukan berarti tidak bisa dijual. Jika cap berhantu sudah begitu melekat pada rumah Sobat Ngopi, maka cara jitu yang bisa dilakukan adalah menawarkan harga yang miring. Perlu diingat, ada banyak juga orang yang skeptis atau tidak percaya dengan hal-hal mistis, atau percaya tapi tidak peduli dan tidak takut. Harga yang miring tentu akan menarik perhatian calon-calon pembeli seperti itu.

Tinggalkan Balasan