Tips Aman Beli Rumah Lewat Agen Properti

Kasus penipuan jual beli rumah melalui agen properti kerap terjadi. Tidak bisa dipungkiri, proses jual beli rumah merupakan lahan empuk buat oknum agen properti penipu untuk mendapatkan uang dalam jumlah besar. Nah, agar Sobat Ngopi tidak sampai tertipu dan rugi ratusan juta bahkan miliaran, simak tips aman beli rumah lewat agen properti berikut.

Jangan Serahkan DP pada Agen Properti
Jangan 100% percaya pada agen properti. Walaupun mereka membantu dalam proses transaksi jual beli rumah, tapi tetap saja urusan pembayaran harus Anda lakukan sendiri. Baik membeli dari developer ataupun perorangan, saat tiba waktunya membayar uang muka atau down payment (DP), serahkan langsung uangnya tanpa perantara agen properti. Setelah pembayaran selesai, baru tunjukkan dokumennya pada agen properti.

Ketahui Biaya Legalitas
Meski menggunakan bantuan agen properti, bukan berarti Anda tidak tahu apa-apa dan menyerahkan semuanya pada mereka. Cari tahu nominal dan hitungan biaya-biaya yang terkait legalitas dan pajak-pajak pembelian properti melalui notaris atau PPAT. Jangan percaya begitu saja dengan nominal yang disebutkan oleh agen properti. Pembayaran biaya legalitas dan perpajakan pun harus Anda lakukan sendiri tanpa perantara agen properti.

sumber: realtor.com

Urus Biaya Administrasi KPR Sendiri
Jika melakukan pembelian dengan fasilitas KPR, Anda bisa menyerahkan urusan berkas persyaratan kepada agen properti. Namun untuk biaya administrasi yang wajib dibayarkan ke bank, seperti biaya appraisal, asuransi, notaris dan biaya-biaya lainnya, Anda harus membayarnya sendiri tanpa melibatkan agen properti.

Pantau Semua Transaksi
Jangan lepas tangan begitu saja karena sudah menggunakan jasa agen properti. Segala transaksi yang terjadi harus Anda pantau dan ketahui dengan pasti. Dengan memantau transaksi, dana dan data pribadi Anda akan tetap aman terjaga. Selain itu, memantau segala transaksi dan langkah yang dilakukan agen properti akan memberi pencerahan untuk Anda jika ingin membeli properti berikutnya.

Bayar Komisi di Akhir
Untuk mencegah Anda tertipu oleh oknum agen properti, bayarlah komisi di akhir, setelah seluruh proses pembelian rumah selesai. Jika agen properti yang membantu Anda meminta komisi di awal, walaupun hanya uang muka, sebaiknya Anda tidak melanjutkan menggunakan jasa agen properti tersebut.

Tinggalkan Balasan