Tips Beli Rumah Buat Kaum Milenial

Terus naiknya harga properti dan seiring bertambahnya usia, banyak di antara Sobat Ngopi yang termasuk generasi milenial pesimis bisa memiliki rumah sendiri. Jangan putus asa, Anda bisa kok mewujudkan impian untuk membeli rumah yang diidam-idamkan selama ini. Simak 5 tips berikut ini agar kaum milenial seperti Sobat Ngopi bisa membeli rumah sendiri, seperti dilansir dari liputan6.com.

Menabung Autodebet untuk DP Rumah
Kesulitan utama para milenial adalah membayar uang muka sebagai syarat KPR. Sementara, banyak milenial yang tidak bisa membeli rumah tanpa bantuan kredit dari bank. Karena itu, prioritaskan untuk mengumpulkan uang muka.

Langkah paling mudah agar bisa rutin mengumpulkan down payment (DP) setiap bulannya adalah dengan melakukan autodebet dari penghasilan bulanan. Jadi setiap kali gajian, uangnya otomatis terpotong sebagai tabungan DP rumah. Prinsip menabung adalah sisihkan di awal gajian, bukan menyisihkan sisa gaji di akhir bulan.

sumber: sites.duke.edu

Buat Deposito atau Tabungan Emas
Agar lebih disiplin dalam menabung, bedakan tabungan biasa dengan tabungan rumah. Bukalah rekening deposito atau tabungan emas karena tidak dapat ditarik semau Anda. Agar bisa menyesuaikan dengan target, pilih deposito berjangka dengan jangka waktu fleksibel mulai dari 3, 6, 12, hingga 24 bulan.

Cari Rumah yang DP-nya Bisa Dicicil
Karena uang muka pembelian rumah terbilang tinggi, carilah rumah yang DP-nya bisa dicicil. Belakangan ini tidak terlalu sulit untuk mencari developer yang memberi promo cicilan DP untuk menarik para pembeli.

Beli Rumah Sesuai Kebutuhan
Sobat Ngopi boleh saja punya rumah impian, tapi usahakan pilih rumah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda masih lajang, sebaiknya pilih rumah minimalis tipe 21 atau 36. Jika memiliki keluarga kecil, pilih rumah tipe 45 atau 60 dengan jumlah kamar yang lebih banyak dan area yang lebih luas.

Pilih KPR dengan Tenor Panjang
Jika memungkinkan, pilih rumah KPR yang memiliki tenor paling panjang. Dengan tenor panjang, cicilan bulanan rumah jauh lebih kecil, hingga finansial Anda pun relatif tetap stabil. Hitung dengan cermat jumlah cicilan yang harus dibayar. Jumlah maksimal cicilan KPR sebaiknya 30% dari gaji.

Siap miliki rumah sendiri? Ayo mulai menabung dari sekarang ya, Sobat Ngopi! Yakinkan dalam diri jika Anda bisa mewujudkan impian tersebut.

Tinggalkan Balasan