Tips Mencari Rumah Idaman Secara Online

Kondisi pendemi yang belum juga berakhir membuat banyak orang malas keluar dan berada di tempat umum, termasuk juga untuk urusan mencari rumah impian. Beruntung, kini sudah banyak situs dan aplikasi properti yang memajang listing para agen lengkap dengan properti yang mereka jual.

Mencari secara online memang akan mempermudah saat akan membeli rumah. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan memilih rumah lewat situs atau aplikasi properti, seperti yang dilansir dari rumah.com.

1. Sebelum melakukan pencarian rumah idaman, bekali diri dengan beragam tips dan trik mengenai membeli properti berkualitas, memilih broker, memilih pengembang kredibel, memilih fasilitas pembiayaan (KPR), dan lain-lain.

sumber: dribbble.com

2. Ada baiknya untuk login di portal properti yang menyediakan ratusan ribu listing properti yang dapat dipilih sesuai kriteria yang diinginkan.

3. Sortir properti berdasarkan lokasi, harga, jumlah kamar, ukuran luas, dan lain-lain. Masukkan kriteria dan kata kunci yang diinginkan, maka dalam waktu singkat mesin pencari akan menayangkan properti sesuai kriteria tersebut.

4. Lihat pula lokasi rumah yang diincar lewat peta lokasi yang tersedia. Perhatikan apakah akses rumah mudah dijangkau, dan cari tahu apa saja fasilitas yang tersedia di kawasan tersebut. Gunakan Google Maps atau peta online lain untuk mengecek lokasinya.

5. Foto rumah yang terlampir dalam listing juga bisa menjadi panduan untuk membayangkan seperti apa bentuk rumah tersebut. Jika situs atau aplikasi propertinya mempunyai fitur virtual tour, gunakanlah untuk membantu melihat bagian dalam (interior) rumah yang diincar.

6. Setelah menemukan properti yang cocok, jangan ragu untuk mengontak agen properti pemasang listing. Broker properti ini akan membantu dalam proses pembelian dan memberikan masukan yang bermanfaat.

7.  Perlu diingat, rumah yang diminati nantinya akan ditempati. Jadi, jangan ragu untuk melakukan survei dan minta pihak agen untuk melakukan open house. Tak jarang juga calon pembeli yang sudah tertarik saat melihat foto rumah, justru membatalkan niatnya setelah berkunjung karena tidak cocok setelah melihat dengan mata kepala sendiri kondisi rumah tersebut.

Tinggalkan Balasan