Wajib Tahu, Tipe-Tipe Unit Apartemen Menurut Luas dan Bentuk Ruangannya

Sebelum memutuskan untuk tinggal di apartemen, ada beberapa hal yang penting untuk dipertimbangkan. Hal-hal yang harus diperhatikan tersebut di antaranya harga, lokasi, luas unit, hingga bentuk ruangannya.

Terkait bentuk dan luasnya, unit apartemen memiliki beberapa tipe. Sobat Ngopi wajib tahu tipe-tipe tersebut sebelum membeli atau menyewa apartemen. Nah, berikut ini tipe-tipe unit apartemen yang umum dipasarkan pada masyarakat berdasarkan luas dan bentuknya.

Studio
Apartemen studio merupakan sebuah hunian vertikal yang terdiri dari satu ruangan dan satu kamar mandi. Tipe studio memiliki denah lantai terbuka yang menggabungkan ruang tamu, ruang kamar tidur, dan ruang makan dalam satu ruangan. Tipe studio lebih cocok untuk tinggal sendiri atau ditempati bersama pasangan. Unit ini minim privasi, tapi lebih fleksibel untuk didekorasi dan ditata ruangnya.

sumber: thespruce.com

Convertible
Tipe convertible merupakan variasi lain dari apartemen tipe studio. Namun, tipe convertible memiliki ruangan lebih besar untuk memisahkan ruangan ataupun membuat kamar tidur tambahan, baik itu dengan menambahkan dinding maupun partisi berupa lemari, rak, tirai, atau pembatas ruangan lainnya. Walaupun hal itu akan membuat ruangan terasa lebih kecil, namun memisahkan antara ruang tamu dan kamar tidur bisa memberi privasi. Kekurangannya, tentu akan ada penambahan biaya untuk renovasi atau dekorasi.

Alcove
Alcove merupakan tipe apartemen studio yang memiliki dinding parsial atau tata letak yang menawarkan sudut terpisah untuk tempat tidur. Secara teknis masih satu ruangan, tapi adanya partisi atau pembatas ruangan berbentuk huruf L yang menawarkan lebih banyak privasi. Namun, hal itu akan membatasi kemungkinan untuk menata ulang.

Junior
Tipe junior adalah pengembangan kecil di atas apartemen studio, dengan ukuran di antara mungil dan sedang. Ruangan tipe ini memiliki satu kamar tidur terpisah dari ruang tamu. Umumnya luas kamar tidurnya 3/4 dari ukuran ruangan. Selain dengan satu kamar, ada juga tipe junior yang memiliki dua kamar tidur.

Loft
Tipe loft biasa disebut apartemen loteng. Loft memiliki denah tata ruang terbuka dengan satu kamar. Berbeda dari tipe studio, langit-langit tipe ini tinggi dan punya jendela besar. Unit seperti ini biasanya ditemukan di gedung-gedung yang dulunya komersial dan diubah menjadi tempat tinggal. Untuk tipe loft yang besar bisa ditambahkan beberapa ruang terpisah.

Garden
Tipe garden berada di apartemen lantai dasar atau bawah tanah yang unitnya memiliki akses ke ruang luar yang bersifat pribadi. Meskipun memiliki ruang luar tersendiri, tipe ini kadang memiliki masalah dengan keamanan rumah, hama, dan kelembapan.

Duplex dan Triplex
Duplex dan triplex merupakan tipe apartemen yang memiliki lebih dari satu unit ruangan. Duplex punya dua unit, sementara triplex tiga unit. Setiap unitnya bisa berdampingan secara horizontal maupun vertikal atau ruangan bertingkat. Umumnya lantai kedua dan ketiga berfungsi sebagai kamar tidur. Unit tipe ini cocok sebagai tempat tinggal keluarga.

Penthouse
Tipe penthouse berada di lantai atas sebuah bangunan. Umumnya penthouse memiliki fasilitas mewah dengan biaya sewa tinggi. Beberapa penthouse memiliki lift pribadi yang terpisah dari bangunan lainnya, yang aksesnya langsung ke dalam unit. Penthouse juga biasanya mempunyai pemandangan indah dari ketinggian.

dilansir dari: kompas.com

Tinggalkan Balasan