10 Perkakas Ini Wajib Ada di Setiap Rumah

Setiap rumah wajib memiliki perkakas dan alat-alat reparasi basic, mengingat pasti akan selalu ada yang harus diperbaiki sendiri di rumah. Baik itu reparasi kecil ataupun yang cukup besar, paling tidak Sobat Ngopi harus bisa melakukannya dulu sendiri sebelum memanggil dan meminta bantuan tukang.

Perkakas dan peralatan apa saja yang wajib ada di setiap rumah? Berikut daftar lengkapnya, seperti yang dilansir dari rumah.com.

Obeng
Obeng sangat dibutuhkan di rumah karena bisa digunakan untuk berbagai perbaikan. Pilih obeng dengan ujung minus dan plus yang memiliki daya magnet agar mur tidak mudah jatuh saat akan dipasang. Pilih juga yang gagangnya terbuat dari karet karena lebih aman dan nyaman dipegang dibandingkan gagang kayu atau plastik.

Palu
Palu sangat diperlukan untuk memaku dinding, kursi, meja, dan perabotan lainnya. Pilih palu dengan bagian belakangnya bisa digunakan untuk mencabut paku.

Tang
Tang sangat diperlukan untuk menekuk, memotong, memutar kabel, dan memegang bahan kecil yang tidak dapat dicapai jari orang dewasa.

Gergaji
Gergaji juga wajib ada di rumah. Meski penggunaannya cukup jarang, namun sangat diperlukan untuk mereparasi. Pilihlah gergaji yang sesuai kebutuhan. 

sumber: moving.com

Kuas dan Rol Cat
Memiliki kuas dan rol cat berkualitas merupakan investasi yang baik di rumah. Jika tiba saatnya ada bagian rumah yang harus dicat, Sobat Ngopi sudah siap dengan peralatannya.

Meteran
Untuk di rumah, idealnya disiapkan metaran besar yang bisa ditarik saat akan digunakan dan dapat menggulung sendiri dengan praktis. Hingdari meteran yang mudah terlipat atau menekuk saat dibentangkan.

Waterpass
Waterpass digunakan untuk menentukan permukaan yang rata. Biasanya, waterpass sederhana dilengkapi dengan kaca dan gelembung kecil di dalamnya.

Bor Listrik
Bor listrik sangat berguna di rumah untuk melubangi dinding saat ingin menggantung lukisan atau memasang lantai kayu. Bor besar juga diperlukan untuk melubangi benda yang lebih besar seperti batu atau kayu tebal.

Senter
Senter sangat diperlukan saat akan memperbaiki area yang gelap atau saat malam hari. Sebaiknya sediakan senter atau lampu portabel LED di rumah. 

Lem Tembak (Glue Gun)
Perekat juga sangat diperlukan untuk mereparasi elemen rumah. Lem tembak sangat praktis dan cocok untuk mengelem potongan kayu tipis, pita, dan kain. Namun, pengeleman dengan lem tembak tidak permanen, sehingga biasanya digunakan untuk sementara saja atau untuk berkreasi membuat aksesori.

Tinggalkan Balasan