3 Hal Ini Yang Menyebabkan Freon AC Cepat Habis

Salah satu komponen penting dalam mesin pendingin udara atau air conditioner (AC) adalah freon. Gas pendingin itulah yang dapat menjadi kinerja AC tetap berjalan dengan baik.

Namun, penghuni rumah sering kali dibuat bingung karena freon AC yang habis dalam waktu yang singkat, bahkan kurang dari 6 bulan pemakaian. Akibatnya, udara yang dihasilkan AC tidak pada suhu yang sedingin biasanya. Lantas, apa yang menyebabkan freon AC cepat habis?

Kesalahan Instalasi
Pemasangan freon yang salah bisa menjadi pemicu cepat habisnya gas freon AC. Ketika dipasang, freon harus diumpankan ke bagian kondensor dan ditutup rapat untuk mencegah kebocoran. Ketika gagal mengisi kondensor dengan benar dan memastikan seluruh sistem disegel, maka gas akan bocor dan menguap tanpa disadari.

foto: waterheaterhub.com

Kebocoran Gas
Kebocoran gas freon di dalam unit kondensor adalah penyebab paling umum yang membuat stok freon AC berkurang dengan cepat. Selain pemasangan gas yang keliru, komponen AC yang menua dan aus juga bisa menjadi penyebab kebocoran gas. Seiring berjalannya waktu, engsel dan beberapa komponen di dalam AC bisa mengendur sehingga menyebabkan kebocoran. Karena itu, selalu pastikan membeli AC dengan kualitas terbaik, sehingga bisa beroperasi secara maksimal dalam kurun waktu yang lama.

Tidak Dirawat
Sistem AC yang tidak dirawat dengan baik dapat menyebabkan berkurangnya gas freon secara cepat. Bila AC terus menyala selama berjam-jam, berhari-hari, atau bahkan berbulan-bulan tanpa dimatikan, ada kemungkinan besar sistem mengalami kebocoran. Oleh karena itu, sistem AC harus diservis secara berkala. AC juga sebaiknya hanya digunakan ketika benar-benar dibutuhkan.

sumber: kompas.com

Tinggalkan Balasan