3 Hal yang Harus Diperhatikan sebelum Pasang CCTV di Rumah

Keamanan jadi prioritas utama dalam sebuah hunian. Kini, semakin banyak orang yang menyadari pentingnya kehadiran perangkat closed circuit television (CCTV) di rumah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, terutama tindak kriminal pencurian dan pembobolan rumah.

Mengingat pentingnya CCTV, pemasangannya tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada tiga hal yang perlu diperhatikan sebelum memasang CCTV di rumah, seperti yang dilansir dari rumah.com.

Kebutuhan
Pastikan kebutuhan area atau zona yang ingin dipantau. Jika hanya ingin memantau ruangan di dalam rumah, pilih CCTV tipe dome atau bullet. Tapi jika ingin memantau zona luar seperti taman atau halaman, lebih baik pilih CCTV yang memang dirancang untuk zona outdoor. Biasanya, CCTV outdoor memiliki fitur infra red.

sumber: eversafe.com.au

Lokasi
Lokasi pemasangan CCTV ditentukan berdasarkan jarak pandang yang hendak diawasi, apakah dekat atau jauh, juga lokasinya gelap atau terang. Setelah itu, tentukan titik pemasangan kamera CCTV sesuai dengan keinginan.

Untuk pemasangan CCTV outdoor, prioritaskan letak kamera di bawah atap atau zona terlindungi lainnya. Hal ini perlu dilakukan untuk melindungi kamera dari hujan, angin, dan panas matahari.

Target
Pastikan target obyek yang ingin diawasi, kemudian tentukan ketinggian letak kamera. Hal ini bertujuan agar tidak terlalu jauh dari area yang diawasi. Standar penempatan biasanya mengikuti ketinggian rumah, dengan sudut sekitar 100° -115°.

Tinggalkan Balasan