3 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih dan Memajang Foto sebagai Dekorasi Ruangan

Foto bukan hanya memiliki nilai historis penghuni rumah, namun sering kali menjadi elemen dekoratif dalam mempercantik tampilan ruangan. Kehadiran foto juga bisa membuat ruangan terasa lebih hangat dan menimbulkan kesan yang nyaman dan intim di momen kumpul bersama keluarga atau sahabat.

Untuk mempercantik ruangan dengan pajangan foto tentu harus memperhatikan beberapa hal agar kehadirannya tidak merusak tampilan ataupun tema desain yang diusung. Berikut ini tiga tips mendekorasi ruangan dengan menggunakan foto.

Jenis dan Tema Foto
Untuk Sobat Ngopi yang hobi mengabadikan suatu momen, pajanglah foto-foto terfavorit. Jangan setiap hasil jepretan dipajang di dinding, tapi pilih foto-foto yang cocok untuk dipajang di dinding ruangan.

sumber: farahzulkifly.wordpress.com

Pilih jenis foto yang dengan display rekam jejak perjalanan keluarga. Setelah menemukan fotonya, selanjutnya tentukan point of interest. Foto yang dipilih menjadi point of interest ini bisa diletakkan di tengah, sementara untuk foto yang lain bisa diatur dan disusun di sekitarnya.

Jenis Bingkai
Sebenarnya pemilihan frame atau bingkai foto tergantung selera masing-masing. Pilihannya pun bermacam-macam, mulai dari bingkai berbentuk minimalis ataupun bingkai klasik. Namun, yang perlu diperhatikan adalah skalanya harus pas. Jangan sampai ukuran bingkainya terlalu besar ataupun terlalu kecil.

Agar tampilannya tidak monoton, cobalah berkreasi dengan menggabungkan berbagai bentuk dan ukuran bingkai foto dalam satu dinding. Hanya saja, jangan lupa untuk memperhatikan pemilihan warnanya agar sesuai dan harmonis dengan tema desain ruangan.

Penempatan dan Ketinggian Foto
Memajang foto di dinding harus proporsional dan memperhatikan keseimbangan. Ketinggian ideal pusat gambar adalah antara 155 cm sampai 160 cm dari tanah. Posisi tersebut disejajarkan dengan garis mata (eye level) dengan rata-rata tingga badan 150 cm sampai 160 cm.

Selain itu, sebaiknya atur dan susun frame di lantai dasar sebelum memasang frame pada pola tertentu sehingga komposisinya benar-benar pas.

Tinggalkan Balasan