3 Masalah Umum Kloset Duduk dan Solusi Jitu Mengatasinya

Kloset duduk memang lebih nyaman daripada kloset jongkok. Namun, kloset duduk juga lebih sering bermasalah karena kerumitan sistem di dalamnya. Berbeda dengan kloset jongkok, kloset duduk memiliki fungsi penyiraman yang jika tidak diperhatikan akan rusak seiring waktu.

Ada tiga masalah yang umum terjadi pada kloset duduk, dan ketiganya berhubungan dengan penyiraman. Apa saja masalahnya dan bagaimana cara mengatasinya? Simak uraian berikut ini, yang dilansir dari rumah.com.

Air Tidak Berhenti Mengalir
Masalah ini biasanya dialami kloset lama. Untuk menghentikan air yang tak berhenti mengalir, tutup salurannya melalui bagian dalam tangki. Namun, solusi tersebut hanya sementara dan harus dilakukan setiap kali menyiram toilet.

sumber: thoughtco.com

Solusi yang permanen adalah mengganti katup saluran air tersebut. Katup saluran air bisa dibeli di toko peralatan bangunan. Selain itu, ganti sealant yang ada pada katup. Dengan menggantinya, saluran air tersebut akan tertutup lebih rapat.

Penyiram tidak berfungsi
Jika saat menyiram toilet ternyata tidak ada air yang keluar padahal air di dalam tangki terisi, hal itu dapat disebabkan oleh rusaknya rantai yang terhubung dengan katup saluran air. Untuk memperbaikinya, kosongkan air dari tangki lalu hubungkan kembali rantai tersebut.

Kemungkinan lain adalah kendurnya tombol penyiram. Solusinya, perbaiki tombol penyiram dari dalam tangki. Kencangkan tombol dengan memutarnya berlawanan arah jarum jam.

Air Penyiram Tidak Mengalir Lancar
Masalah ini terjadi karena ada kotoran yang menyumbat saluran air menuju toilet bowl. Saluran air tersebut berbentuk lubang-lubang kecil yang ada di sekeliling wadah. Biasanya kotoran berupa mineral yang mengeras menyumbatnya.

Untuk membersihkannya, gunakan kawat kecil dan cermin untuk menemukan di mana saja letak lubang-lubang kecil tersebut. Jika cara ini tidak berhasil,ggunakan cairan pelarut mineral untuk menghancurkan kotoran tersebut.

Tinggalkan Balasan