3 Senjata Utama untuk Membersihkan Kaca Jendela Buram Jadi Kinclong

Pemandangan kaca jendela yang buram sangat merusak tampilan sebuah rumah. Apalagi di cuaca yang tak menentu ini, kadang hujan dan kadang terik, terpaan air hujan dan debu membuat noda menempel kuat pada kaca. Jika terlalu lama dibiarkan, nodanya akan membandel dan sulit dibersihkan.

Tapi jangan khawatir, Sobat Ngopi bisa kok membersihkan kaca jendela yang buram dan bernoda. Ada tiga senjata utama yang bisa digunakan untuk kaca menjadi kinclong kembali, yaitu:

Alat Pembersih Kaca
Ada banyak alat pembersih kaca yang beredar di pasaran, misalnya spons, wiper, dan kain fiber. Setiap produk memiliki fungsinya masing-masing. Misalnya kain fiber, berfungsi untuk mengangkat debu pada kaca agar tidak terjadi goresan. Kain ini sebaiknya digunakan saat awal proses pembersihan.

sumber: cleaning.lovetoknow.com

Bahan spons berfungsi menyebarkan sabun atau detergen pembersih kaca. Sedangkan wiper berfungsi untuk mengangkat sabun yang tersisa setelah membersihkan kaca. Wiper biasanya berbahan karet, sehingga tidak akan meninggalkan jejak di kaca.

Isopropil Alkohol
Isopropil alkohol merupakan senyawa kimia yang paling banyak digunakan di dalam campuran pembersih kaca. Bahan ini dapat melarutkan mineral yang tidak terlalu menempel di kaca. Selain itu, mineral tersebut akan menguap bersamaan dengan menguapnya alkohol.

Amonia
Sebagian pembersih kaca mengandung amonia di dalamnya. Amonia sangat ampuh dalam menghancurkan mineral-mineral yang menempel di kaca. Selain itu, amonia membentuk lapisan yang dapat menghambat munculnya noda baru pada kaca.

Tapi harus diingat, sebaiknya tidak menggunakan pembersih dengan amonia pada kaca yang berwarna karena sifat amonia yang dapat memudarkan warna kaca.

Tinggalkan Balasan