4 Cara Membersihkan Lumut yang Berkembang di Rumah

Lumut adalah sejenis jamur yang pertumbuhannya dipicu oleh kelembapan udara yang berlebihan dan berkumpul di permukaan benda. Jenis jamur yang satu ini paling banyak ditemukan di bagian rumah yang hangat dan lembap, seperti kamar mandi atau ruang bawah tanah.

Lumut harus dibersihkan karena bisa menjadi penyebab masalah kesehatan penghuni rumah. Berikut ini, cara-cara mudah yang bisa Sobat Ngopi lakukan untuk membersihkan lumut yang tumbuh dan berkembang di rumah.

Disikat
Cara pertama dan termudah untuk membersihkan lumut adalah dengan menyikatnya. Jika lumut menempel pada perabotan, bawa keluar perabot tersebut agar tidak mengotori rumah saat disikat. Gunakan penyedot debu berfilter efisiensi tinggi atau high-efficiency particulate absorbing filter (HEPA) sebelum menyikat lumut untuk meminimalisir penyebaran spora.

sumber: goldeagle.com

Gunakan Pemutih Pakaian
Cara lain untuk membersihkan lumut adalah dengan menggunakan campuran pemutih pakaian dan air dengan komposisi 1:3. Lalu, oleskan campuran tersebut ke lumut dan gosok menggunakan sikat kaku. Setelah itu, bilas perabotan dan keringkan.

Gunakan Baking Powder
Untuk menghilangkan lumut di kamar mandi, gunakan baking powder,yang merupakan bahan lembut dan tidak merusak furnitur rumah. Caranya, campurkan satu sendok teh cairan pembersih dengan secangkir baking powder, lalu tambahkan air untuk membuatnya menjadi bertekstur pasta. Setelah itu, oleskan dengan sikat kaku, diamkan beberapa waktu, lalu bilas.

Gunakan Cuka Anggur Putih
Cuka anggur putih juga bisa digunakan untuk menghilangkan lumut. Cuka anggur putih bekerja membasmi lumut dengan cara disemprotkan pada bagian yang berlumut. Diamkan selama satu jam, lalu bilas dengan air panas.

dilansir dari: kompas.com

Tinggalkan Balasan