4 Hal Ini Harus Dihindari Jika Ingin Furnitur Bambu Awet dan Tahan Lama

Furnitur dari bambu cenderung cepat rusak, sehingga tidak begitu populer digunakan dalam interior hunian. Sebenarnya, furnitur bambu bisa bertahan lama dan awet dengan perawatan dan perlakuan yang khusus, termasuk dijauhkan dari hal-hal yang dapat merusak furnitur bambu.

Kalau Sobat Ngopi memang menyukai furnitur dengan material bambu dan ingin furniturnya awet dan tahan lama, berikut ini beberapa hal yang harus dihindari:

Air dan Hujan
Sebaiknya furnitur bambu tidak terkena air ataupun hujan. Air dapat membuat bambu cepat lapuk dan berjamur. Karena itu, sebaiknya bahan bambu diberi cairan pelapis agar mudah dibersihkan saat terkena air atau hujan. Selain itu, air pun tidak mudah meresap ke dalam batang bambu.

sumber: decoist.com

Sinar Matahari Langsung
Bambu sebenarnya tidak memerlukan banyak sinar matahari. Terik matahari justru akan membuat warna bambu menjadi pudar, bahkan bisa membuat bambu pecah. Untuk bagian yang terkena sinar matahari secara terus menerus, dianjurkan untuk dilapisi dengan vernis setidaknya 6 bulan sekali.

Perubahan Suhu
Bambu sangat sensitif dengan perubahan suhu. Hal ini dapat mengakibatkan bambu mudah retak. Bahkan, keretakan bisa menjalar ke seluruh batang bambu karena seratnya yang lurus.

Tanah
Jangan biarkan bambu bersentuhan langsung dengan tanah. Hal tersebut akan menyebabkan kelembapan tanah masuk ke dalam serat bambu. Kelembapan tanah bisa menimbulkan jamur pada batang bambu, mengurangi kekuatan bambu, dan membuat tampilannya menjadi jelek.

Tinggalkan Balasan