4 Langkah Mudah Menata Perpustakaan Mini di Rumah

Buat Sobat Ngopi yang hobi membaca, pasti akan lebih nyaman membaca di ruangan khusus yang nyaman dan tenang. Kehadiran sebuah perpustakaan mini di rumah tentu akan memberi kenyamanan lebih saat ingin memenyalurkan hobi untuk tenggelam dalam lautan kata-kata.

Jangan biarkan koleksi buku kesayangan menumpuk begitu saja di meja pojok kamar, atau berlapis debu di dalam lemari usang. Karena itu, tata buku-buku dengan rapi di rak khusus agar terlihat seperti sebuah perpustakaan mini. Simak tips berikut agar lebih mudah menata perpustakaan di rumah.

Tempatkan Rak di Spot Ternyaman
Pilih spot ternyaman di rumah untuk dijadikan perpustakaan mini. Rak buku bisa diletakkan di belakang sofa yang nyaman di ruang keluarga. Dengan begitu, Sobat Ngopi bisa membaca buku sembari minum segelas kopi.

sumber: thespruce.com

Selain itu, lorong panjang di rumah juga bisa dimanfaatkan sebagai perpustakaan mini. Caranya, cukup dengan menambah empat baris rak yang berjejer rapi dengan dekorasi lampu terang untuk memudahkan dalam menemukan buku yang sedang dicari. Tambahkan rak menjadi beberapa deret jika memiliki koleksi buku yang banyak. Namun, pastikan masih ada ruang ekstra di rumah agar tak menghalangi akses.

Simpan Buku di Rak Fleksibel
Simpan dan tata buku-buku dengan rapi dan teratur di rak fleksibel, atau yang sering disebut adjustable shelving. Rak ini cocok ditempatkan di perpustakaan mini di ruang terbatas. Sifatnya yang fleksibel dan bisa dipasang sesuai ketinggian dan ukuran yang diinginkan memberi kemudahan dalam menata koleksi buku. Tambahkan juga lekukan di kedua ujung rak untuk mencegah buku-buku terjatuh.

Jauhkan Barang Selain Buku
Rak buku hanya khusus untuk menyimpan buku. Jangan menaruh benda selain buku di rak buku. Karena itu, jauhkan laptop, koleksi CD, pajangan foto, dan lain sebagainya dari rak buku. Letakkan barang-barang tersebut di tempat yang sesuai, misalnya kotak khusus atau meja kerja.

Urutkan Sesuai Ukuran
Untuk membuat perpustakaan mini terlihat lebih artistik, urutkan koleksi buku sesuai dengan ukuran tingginya. Ahli penataan ruang dan buku merekomendasikan agar buku diletakkan sesuai dengan nama pengarang atau judul secara alfabet. Jadi ketika sedang terburu-buru mencari salah satu buku, bisa lebih cepat menemukannya. Namun jika ingin memberi sentuhan berbeda, urutan tinggi buku ini juga bisa divariasikan sesuai selera, menyerupai ombak ataupun segitiga.

Kelompokkan Menurut Sampul
Buat tampilan perpustakaan lebih rapi dengan mengurutkan buku sesuai dengan tipe sampulnya. Misalnya, beberapa buku dengan sampul hardcover diletakkan di deretan yang sama, begitu pula dengan buku dengan sampul tipis. Dengan begitu, ketika ingin menarik buku-buku yang terhimpit di deretan rak, bisa meminimalisir risiko kerusakan sampulnya.

Tinggalkan Balasan