4 Trik Ini Bisa Bikin Dapur Kelihatan Baru Lagi Tanpa Harus Renovasi

Dapur merupakan salah satu ruangan di rumah yang paling mudah kotor. Karena digunakan beberapa kali dalam sehari, sampah bahan makanan, asap dari kompor, dan cipratan minyak membuat kondisi dapur lambat laun akan menjadi tak kinclong lagi.

Sayangnya, biaya renovasi dapur tidak bisa dibilang murah sehingga sering sekali ditunda sampai dapur terlihat lusuh. Tapi jangan khawatir, Sobat Ngopi bisa kok menyulap dapur jadi kelihatan seperti baru lagi tanpa harus renovasi dengan 4 trik berikut ini.

Ganti Peralatan Masak

sumber: cnet.com

Salah satu cara tercepat dan relatif terjangkau untuk membuat dapur terlihat seperti baru lagi adalah dengan mengganti peralatan masaknya dengan yang baru. Singkirkan semua wajan dan panci yang sudah menghitam, juga rangka kompor yang berminyak dan kotoran sisa memasak yang sudah berkerak.

Dengan peralatan masak yang baru, tentu aura kinclongnya akan menyebar ke seluruh ruangan dapur. Kalau sudah begitu, Sobat Ngopi akan lebih semangat lagi memasak dan mencoba resep-resep baru.

Warnai Kabinet

sumber: hgtv.com

Ketimbang merenovasi keseluruhan ruang dapur, mengecat kabinet sudah cukup memberikan perubahan yang signifikan. Selain itu, biaya yang dibutuhkan pun jauh lebih murah. Cukup dengan satu sampai dua kaleng cat dan mengecatnya sendiri, dalam waktu singkat dapur sudah terlihat seperti baru.

Pilihlah warna cat sesuai dengan kepribadian atau warna dramatis seperti hitam atau abu-abu untuk mengubah tampilan dapur menjadi lebih timeless.

Ganti Warna Dinding

sumber: seapointe.com

Jika mengecat kabinet belum cukup bikin dapur kelihatan beda, coba ganti warna cat dinding dapurnya. Perubahan warna dinding bukan cuma bisa mengubah tampilan, tapi juga keseluruhan nuansa dapur.

Untuk pemilihan warnanya sesuai selera saja. Sobat Ngopi bisa pilih warna gelap ataupun cerah. Tapi yang harus diingat, pastikan warna dinding senada atau saling melengkapi dengan warna kabinet.

Pasang Rak Terbuka

sumber: housebeautiful.com

Kalau masih ada space kosong di dapur, cobalah pasang rak terbuka. Selain membuat tampilan berbeda di dapur, rak terbuka juga bisa menambah lebih banyak ruang penyimpanan. Dengan kehadiran rak terbuka, koleksi piring dan gelas cantik jadi bisa terekspos dengan maksimal. Hal ini tentu membuat dapur telihat lebih menarik dan wah.

dilansir dari: kompas.com

Tinggalkan Balasan