5 Campuran Bahan Alami Ini Ampuh Membersihkan Noda Lengket dan Berminyak di Dapur

Dapur merupakan salah satu ruangan di rumah yang paling cepat kotor. Kegiatan memasak yang dalam sehari bisa dilakukan sampai tiga kali membuat area dapur mudah terkena noda, lengket, dan juga berminyak. Untuk membersihkan dapur yang kotor jadi PR yang cukup sulit dilakukan.

Banyak cara dan bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan noda dapur, salah satunya dengan memakai bahan-bahan alami. Meskipun sederhana dan mudah ditemui di mana saja, bahan-bahan berikut ini terbukti ampuh hempas noda-noda membandel di dapur.

Minyak Sayur dan Baking Soda
Lemari dapur rentan sekali kotor karena terciprat masakan, hingga nodanya menempel dan menjadi lengket. Untuk menghilangkan noda lengket di lemari dapur, buatlah membuat cairan penghilang noda lengket yang dijamin ampuh ini. Caranya, campur satu sendok makan minyak sayur dan dua sendok makan baking soda. Lalu, gunakan spons atau kain lap untuk membersihkan lemari yang bernoda.

sumber: learn.compactappliance.com

Bubuk Amoniak
Tungku kompor yang tidak pernah dibersihkan membuat noda minyak menempel dan membandel. Untuk menghilangkannya, bersihkan kompor dengan bubuk amoniak. Caranya, ambil ¼ cangkir bubuk amoniak dan masukkan tungku kompor bersama bubuk tersebut ke dalam kantong plastik, dan diamkan selama satu malam. Buka saat pagi hari, lalu lap dengan spons.

Cuka dan Minyak Zaitun
Meja kayu di dapur banyak dipenuhi guratan karena sering dipakai untuk memotong dan mengiris bahan makanan. Untuk menghilangkan guratan-guratan tersebut, gunakanlah campuran cuka dan minyak zaitun. Caranya, campur ½ cangkir cuka dengan ½ cangkir minyak zaitun, celupkan kain ke dalam campuran tersebut, dan lap meja. Guratan akan hilang dan meja kayu akan terlihat seperti baru.

Cuka Putih dan Baking Soda
Untuk membersihkan wastafel dapur yang kotor menjadi mengkilat, gunakan sabun cuci piring cair, cuka putih, baking soda, dan spons lembut. Caranya, bilas wastafel dan taburi baking soda di permukaan wastafel, dan bilas dengan air. Gosok bagian dalam saluran pembuangan dengan sikat gigi yang sudah direndam sebelumnya dengan pasta baking soda dan sabun.

Lapisi permukaan wastafel dengan handuk kertas atau tisu toilet yang sebelumnya direndam dalam cuka putih selama 20 menit. Rendam spons dengan air sabun, angkat handuk, dan bersihkan menggunakan spons.

Cuka Putih, Lemon, Garam, Minyak Zaitun
Banyak kotoran yang berasal dari bahan-bahan makanan yang menempel di talenan kayu. Untuk membersihkan, hanya perlu 2 sendok makan cuka putih, 1 cangkir air, ½ lemon, garam, minyak zaitun dan handuk. Caranya, lap talenan dengan campuran cuka dan air. Lalu, potong lemon menjadi dua dan celupkan ke dalam garam laut sehingga teksturnya menjadi seperti scrub. Gosokkan scrub tersebut ke talenan, lalu bilas dengan air. Terakhir, celupkan handuk ke minyak zaitun dan usap talenan dengan handuk tersebut.

Tinggalkan Balasan