5 Dekorasi Ini Bisa Hangatkan Rumah di Musim Hujan

Hujan masih terus mengguyur Tanah Air hingga saat ini, membuat suhu ruangan menjadi lebih dingin dari biasanya. Sayangnya, di sebagian besar rumah di Indonesia tidak memiliki penghangat ruangan ataupun perapian.

Tapi jangan khawatir, rumah bisa terasa lebih hangat loh meski Sobat Ngopi tak punya alat pengatur suhu ruangan. Triknya terletak pada pengaplikasian dekorasi yang tepat. Berikut ini lima dekorasi ruangan yang bisa membuat ruangan terkesan dan terasa lebih hangat di tengah dinginnya guyuran hujan.

Cat Merah Gelap
Warna cat dengan pigmen yang gelap mampu membuat persepsi orang yang berada di dalamnya merasa lebih hangat. Menurut riset, ruangan dengan cat warna merah gelap atau terakota dipersepsikan enam derajat celcius lebih hangat dibandingkan cat warna biru.

sumber: id.depositphotos.com

Material Tebal
Pilih beberapa furnitur dengan material yang bisa menghangatkan ruangan. Misalnya untuk karpet, pilih karpet dengan bahan dari wol tebal yang memiliki sifat menahan panas. Sedangkan untuk kursi dan sofa, material berbulu atau beludru juga bisa memberi kenyamanan dan kehangatan. Selimut dengan material katun tebal juga bisa dipilih untuk menghangatkan tubuh setelah kehujanan.

Ruangan Kedap Udara
Periksa semua celah yang ada di rumah, lalu tutup celah tersebut untuk menghalangi udara dingin masuk ke dalam ruangan. Pastikan juga semua pintu sudah tertutup rapat. Gunakan lembaran plastik bening untuk membuat ruangan menjadi kedap udara. Selain itu, pasang tirai tebal pada jendela rumah agar ruangan tetap hangat saat hujan turun.

Lampu Pijar
Lampu pijar bisa menjadi salah satu cara untuk menciptakan udara hangat karena mampu mengeluarkan energi panas sebanyak 95%. Lampu pijar adalah salah satu sumber kehangatan yang tepat dan efesien. Lampu rumah yang direkomendasikan adalah yang sesuai dengan suhu warna 3000-3400 K. Warna intens seperti oranye terang hangat dan kuning bisa menjadi pilihan untuk lampu penghangat ruangan.

Jendela Glasir Ganda
Retakan yang terjadi di daun jendela rumah bisa menghantarkan suhu dingin dari luar ruangan. Pilih jendela modern dengan kualitas tinggi yang dilengkapi glasir ganda. Jika belum memiliki bujet untuk membeli kaca glasir ganda, bisa juga membingkai jendela dengan isolasi busa poliuretan yang memiliki sterip perekat.

Tinggalkan Balasan