5 Hal Ini Harus Diperhatikan Jika Ingin Memelihara Hewan di Rumah

Buat pecinta binatang pasti rasanya ada yang kurang jika tak ada hewan kesayangan di rumah. Kucing, anjing, burung, ikan, ataupun kelinci bisa jadi sahabat sekaligus hiburan penghilang penat dan lelah. Namun di saat yang bersamaan, hewan peliharaan punya andil besar membuat rumah jadi kotor dan berantakan.

Memiliki hewan peliharaan di rumah adalah sebuah tanggung jawab yang besar. Karena itu, banyak hal yang harus diperhatikan jika Sobat Ngopi memilih untuk memelihara binatang di rumah. Berikut ini lima hal penting yang harus jadi perhatian para pemilik “anak bulu”.

Disiplin
Pemilik hewan peliharaan harus disiplin. Selain disiplin pada dirinya sendiri, juga harus bisa mendisiplinkan hewan peliharaannya. Disiplinkan hewan peliharaan sejak dini, yakni sejak hewan itu dibawa untuk tinggal di rumah. Tentukan bagian rumah mana yang boleh mereka masuki dan mana yang tidak. Harus konsisten dan disiplin untuk urusan ini jika tak ingin rumah jadi kotor dan berantakan. Karena sekali saja mereka diizinkan memasuki ke area terlarang, besar kemungkinan mereka akan mengulanginya.

sumber: bls.gov

Ajak Keluar Rumah
Sama seperti manusia, hewan peliharaan juga bisa merasa bosan. Hewan domestik seperti kucing dan anjing yang tinggal di rumah biasanya kurang aktivitas fisik. Karena itu, luangkan waktu untuk menemani mereka jalan-jalan dan bermain di luar rumah. Selain mencegah bosan, saat hewan peliharaan sedang bermain di luar bisa dipakai untuk membersihkan rumah.

Yang perlu diingat, setelah hewan peliharaan jalan-jalan atau bermain di luar, segera bersihkan kaki dan badan mereka agar tidak mengotori rumah.

Cegah Mencakar Perabot
Kebiasaan kucing mencakar karpet dan perabotan adalah naluri untuk menjaga kuku-kukunya agar tetap tajam, yang berguna untuk membela diri. Selain itu, mencakar-cakar membantu kucing melemaskan otot bagian atas mereka.

Untuk mencegah karpet dan perabot dari carakan kucing, biasakan untuk memotong kukunya. Namun, hal ini hanya boleh dilakukan kalau kucingnya memang kucing rumahan. Kalau kucingnya biasa keluar rumah dan berkeliaran, mereka butuh kuku yang tajam untuk membela diri.

Solusinya, tempelkan selotip bolak-balik di tempat favorit kucing mengasah kuku. Perekat pada selotip tersebut akan menghilangkan keinginan kucing mengasah kuku. Selain itu, sediakan scratcher tower atau mainan khusus untuk kucing menggaruk-garuk dan mencakar-cakar.

Sementara, anjing biasanya menggaruk-garuk pintu karena ingin masuk. Untuk mencegah pintu banyak goresan, gunakan lempengan akrilik (plexiglass) pada bagian yang sering digaruk oleh anjing. Selain itu, pasang bandul lonceng atau benda lain yang menimbulkan suara. Ajarkan anjing peliharaan untuk membunyikan bandul lonceng jika ingin masuk. Jangan merespon jika anjing tetap menggaruk pintu. Nah, kalau anjing sudah terbiasa membunyikan lonceng, akrilik di pintu bisa dilepaskan.

Rutin Bersihkan Bulu
Cara efektif untuk membersihkan bulu hewan pada permukaan karpet atau sofa kain adalah dengan menggunakan vacuum cleaner. Selain itu, bisa juga menggunakan selotip yang dililitkan di tangan dengan bagian perekat menghadap ke luar. Lalu, usap-usap permukaan sofa dan karpet dengan tangan yang telah dililit selotip, dan bulu-bulu pun akan menempel di sana. Tapi, selotip hanya bisa digunakan untuk permukaan kain atau bahan berbulu yang tipis.

Sementara untuk permukaan padat seperti kayu atau lantai, cara terbaik adalah menggunakan kain microfiber. Kain microfiber memiliki sifat mengikat kotoran sehingga bulu-bulu binatang akan menempel pada kain tersebut. Vacuum cleaner tidak cocok untuk permukaan padat karena menyemburkan angin yang membuat bulu-bulu hewan peliharaan justru beterbangan.

Pilih Bahan Mudah Dibersihkan
Kulit semi-anilin adalah bahan yang paling tepat bagi pemilik hewan peliharaan yang memelihara “anak bulu” di dalam rumah. Kulit jenis ini dilapisi bahan pelindung yang terasa lebih licin.

Jika lebih suka material kain, hindari bahan dengan tenunan kasar atau tipis. Selain itu, letakkan kain pelapis tambahan di bagian sofa tempat hewan peliharaan biasa nongkrong.

Tinggalkan Balasan