5 Hal Ini Perlu Diperhatikan Jika Ingin Gunakan Wallpaper sebagai Pengganti Cat

Jika bosan melihat dinding yang hanya bercat polos, wallpaper adalah pilihan yang tepat untuk mempercantik tampilan dinding rumah. Selain pengaplikasiannya mudah dan praktis, wallpaper terbukti mampu menciptakan suasana ruangan yang lebih segar.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan mengaplikasikan wallpaper untuk menghasilkan nilai tambah pada ruangan, misalnya jadi lebih cerah atau lebih luas. Berikut lima hal yang harus dipertimbangkan jika ingin menggunakan wallpaper sebagai pengganti cat

Luas Ruangan
Ukuran ruangan selain berhubungan dengan panjang wallpaper yang akan digunakan, juga dalam hal pemilihan motifnya. Jika ruangan berukuran kecil, maka gunakan motif wallpaper bergaris horizontal agar menghadirkan kesan yang lebih luas. Namun bila ruangannya cukup luas, tidak dianjurkan untuk menggunakan motif berukuran besar karena akan menambah kesan sempit pada ruang tamu.

sumber: hgtv.com

Tinggi Atap
Perhatikan tinggi atap ruangan. Jika ruangannya memiliki atap rendah, sebaiknya gunakan motif wallpaper vertikal dengan warna yang terang karena dapat memberikan kesan tinggi. Sebaliknya jika atapnya cukup tinggi, pilih wallpaper dengan motif horizontal berwarna lebih gelap untuk menghadirkan kesan lebih luas.

Motif
Permainan motif wallpaper bisa membuat tampilan ruang tamu semakin menarik. Yang perlu diingat, pemilihan motif harus sesuai dengan tema ruangan. Jika menginginkan ruang tamu dengan konsep modern, pilih wallpaper yang menonjolkan pola geometris. Untuk ruangan bertema modern minimalis, gunakan wallpaper bermotif pohon, bunga, atau ranting.

Warna
Pemilihan warna wallpaper secara tidak langsung bisa mempengaruhi perasaan si penghuni. Pilih warna dingin seperti gradasi hijau dan biru untuk ruang tamu. Namun untuk rumah berkonsep modern klasik, tidak ada salahnya memilih wallpaper warna cokelat atau warna gelap untuk lebih menguatkan tema ruangan, serta membangun kehangatan dan kenyamanan.

Bahan
Pemilihan bahan wallpaper sebaiknya disesuaikan dengan kondisi dinding rumah. Ada berbagai macam bahan wallpaper, pilih yang baik dan berkualitas, mudah dirawat dan tahan lama. Bahan-bahan yang dapat menjadi pertimbangan adalah foil, textile, dan vinyl.

Tinggalkan Balasan