5 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Belanja Furnitur Secara Online

Belanja online sudah semakin biasa dilakukan masyarakat. Karena selain bisa menghemat waktu dan tenaga, kita juga tidak perlu repot keluar rumah, menghadapi kemacetan di jalan, hingga berpanas-panasan ataupun kehujanan. Tinggal duduk manis dan klik saja, barang akan segera diantar ke rumah.

Dan bukan hanya makanan, fesyen, ataupun barang elektronik, kini furnitur juga bisa dibeli lewat toko online. Tapi jika ingin membeli furnitur secara online, harus berhati-hati mengingat kita tidak melihat barangnya secara langsung.

Karena itu, sebelum melakukan transaksi secara online, pertimbangkan 5 hal berikut ini agar tidak salah beli ataupun merasa dirugikan karena barangnya tidak sesuai yang diharapkan.

foto: woodenstreet.com

Waktu Pembelian
Belanja online sebenarnya bisa dilakukan setiap saat, kapan saja asalkan dana mencukupi. Namun untuk mendapatkan harga terbaik, tunggu waktu-waktu tertentu saat toko online memberikan potongan harga, gratis ongkir, ataupun sedang ada promo spesial seperti di momen HUT RI seperti saat ini.

Ketahui Detail Produk
Saat membeli furnitur secara online, jangan lupa untuk menanyakan secara detail dan spesifik untuk memastikan barang tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Meski terlihat sepele, namun hal-hal kecil yang luput ditanyakan akan memberi kekecewaan besar jika ternyata tidak sesuai ekspektasi.

Tinjau Kebijakan Pengembalian
Pelajari secara detail kebijakan pengembalian yang diterapkan toko online. Kebijakan ini sangat diperlukan untuk berjaga-jaga misalnya barang yang diterima rusak atau tidak sesuai dengan yang dipesan. Beberapa toko online bersedia melayani jika pelanggan ingin menukar barang yang tidak sesuai, namun beberapa toko lainnya tidak. Situs e-commerce seharusnya memiliki halaman kebijakan pengembalian uang. Namun jika tidak ada, sebaiknya tanyakan kepada penjual mengenai hal tersebut.

Lihat Ulasan Konsumen
Jika sudah menemukan furnitur yang ingin dibeli, pelajari ulasan yang ditulis konsumen. membaca ulasan konsumen bisa memberi gambaran tentang apa dan bagaimana barang yang akan dibeli. Ulasan konsumen juga bisa membantu mengidentifikasi potensi rekomendasi produk palsu.

Perhatikan Ongkir
Saat membeli produk secara online, salah satu hal yang wajib perhatikan adalah biaya pengiriman alias ongkos kirim (ongkir). Teliti dulu sebelum melakukan checkout, jangan sampai produk yang akan dibeli ongkirnya lebih mahal ketimbang harga barang itu sendiri. Perlu diketahui juga, ada beberapa toko yang memberikan gratis ongkir, namun harga produknya dinaikkan. Karena itu, lakukan perbandingan ke beberapa situs sebelum berbelanja online. Dan agar ongkirnya tidak terlalu mahal, sebaiknya pilih toko online yang berada di kota yang sama dengan tempat tinggal Sobat Ngopi.

sumber: kompas.com

Tinggalkan Balasan