5 Kesalahan Fatal dalam Mengecat Eksterior Rumah

Banyak yang berpikir jika mengecat eksterior rumah lebih mudah daripada mengecat interior. Yang penting warnanya sesuai, beres. Padahal tidak sesimpel itu, mengecat eksterior rumah sama saja seperti mengecat bagian interior. Banyak yang harus diperhatikan agar hasilnya pun tidak terlihat asal-asalan.

Karena menyepelekan urusan tersebut, banyak terjadi kesalahan saat mengecat eksterior rumah. Pekerjaan mengecat yang dianggap sederhana akibatnya bisa menjadi fatal karena kesalahan-kesalahan berikut ini.

Tidak Menetapkan Skema Warna
Sama seperti interior, untuk mengecat eksterior juga harus menentukan skema warna terlebih dahulu. Sebelum menetapkan pilihan, ada cari inspirasi warna eksterior rumah lewat foto-foto di berbagai media.

sumber: thespruce.com

Menetapkan skema warna penting mengingat banyaknya jenis warna yang bisa dipilih. Hal ini juga diperlukan untuk mengkombinasikan dua warna cat dinding sekaligus. Selain itu, bagian-bagian yang perlu diperhatikan adalah warna utama dari rumah, warna lis rumah, dan warna untuk panel jendela.

Tidak Melakukan Tes Warna
Pemborosan bujet sering terjadi karena tidak dilakukannya tes warna. Karena itu, lakukanlah tes warna cat yang diinginkan agar terhindar dari kesalahan pembelian cat. Selain itu, warna cat akan berbeda saat di toko dengan saat diaplikasikan di dinding rumah. Hal tersebut dikarenakan tata cahaya yang berbeda di dua ruangan yang berbeda. Pilih dan tes warna dengan cermat agar hasilnya pun sesuai dengan keinginan.

Tidak Serasi dengan Tetangga
Walaupun warna rumah kita adalah hak kita sendiri, namun ada baiknya menyelaraskan warna cat dinding rumah dengan yang digunakan oleh sebagian besar tetangga. Usahakan tidak memilih warna cat rumah yang terlalu kontras dengan rumah lainnya karena bisa menciptakan pemandangan yang sedikit aneh di lingkungan kompleks. Selain itu, warna rumah yang tidak kontras juga bisa membuat harga rumah lebih tinggi jika berencana untuk menjualnya nanti.

Tidak Memikirkan Lanskap
Jangan lupakan lanskap atau tata taman dalam mengecat eksterior rumah. Jika taman di depan rumah memiliki kombinasi warna hijau-kuning, maka hindari cat warna hijau kebiruan karena akan membuat rumah terlihat pucat. Cari tahu kombinasi warna yang pas, atau lebih baik lagi jika menggunakan jasa ahli lanskap.

Melupakan Pintu Depan
Pintu depan adalah daya tarik eksterior rumah. Warna pintu depan juga mempengaruhi rumah secara keseluruhan. Selain itu, mencocokkan warna rumah dengan pintu depan juga bisa menaikkan harga rumah dan mempercantik arsitektur rumah.

Tinggalkan Balasan