5 Langkah Pemeliharaan Kolam Renang di Rumah

Kolam renang menjadi salah satu fitur mewah yang dimiliki sebuah rumah. Karena bukan cuma bisa jadi fasilitas olahraga, juga jadi tempat berkumpul, bersantai, bahkan lokasi berpesta alias pool party bersama keluarga dan teman-teman. 

Kolam renang adalah investasi mahal, apalagi jika tidak bisa merawatnya dengan baik. Karena itu, menjaga kebersihan kolam renang adalah kebutuhan mutlak.

Pemeliharaan dan pembersihan kolam renang secara teratur tidak hanya menjaga kolam tetap bersih, tapi juga menghemat biaya perawatan atau perbaikan pada masa mendatang. Berikut ini sejumlah cara yang perlu dilakukan Sobat Ngopi untuk pemeliharaan kolam renang di rumah.

foto: dwell.com

Mengatur Keasaman Air
Hal penting pertama yang harus dilakukan dalam pemeliharaan kolam renang adalah memantau tingkat keasaman atau alkalinitas (Ph) air kolam renang. Pastikan pH air kolam renang berada antara 7,2 dan 7,6.

Pertahankan Tingkat Klorin
Selanjutnya, periksa tingkat klorin secara teratur. Tingkat ideal klorin untuk kolam renang adalah antara 2 dan 3 bagian per juta (PPM). Klorin kolam renang perlu dipertahankan di level ini setiap saat.

Mencegah Pertumbuhan Alga
Lindungi kolam renang dari pertumbuhan alga dengan menggunakan algaecide, yang juga dapat memperpanjang usia air. Penggunaan algacide bisa membuat pemeliharaan kolam renang lebih efisien.

Terapkan Terapi Kejut
Menggunakan terapi kejut yang kuat untuk membersihkan kolam renang selama musim gugur dan musim dingin adalah komponen penting dari rutinitas pemeliharaan kolam renang.

Tutupi Kolam Renang
Terakhir, tutupi kolam renang saat tidak digunakan, selama musim dingin, dan musim gugur. Hal ini untuk mencegah kolam renang kotor atau dipenuhi sampah dan daun-daun yang jatuh.

sumber: kompas.com 

Tinggalkan Balasan