5 Prinsip dalam Mendesain Ruang Kerja di Rumah

Kondisi pandemi Covid-19 memaksa banyak orang untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Ruang khusus pun mendadak dibuat di rumah untuk memenuhi kebutuhan bekerja di rumah.

Namun, dalam mendesain ruang kerja di rumah tidak boleh sembarangan. Karena untuk bekerja memerlukan fokus dan konsentrasi tinggi, ruang kerja pun harus dibuat dengan prinsip-prinsip yang dapat menjaga kenyamanan selama bekerja di rumah. Apa saja prinsipnya? Simak uraian berikut, yang dilansir dari homedit.com.

Cukup Pencahayaan
Ruang kerja yang ideal seharusnya memiliki pencahayaan yang baik. Akan lebih efektif lagi jika mendapat sinar matahari langsung. Namun jika tidak memungkinkan, bisa dengan mengatur pencahayaan dari lampu. Agar tidak mengganggu konsentrasi, intensitas cahayanya jangan terlalu terang. Jangan juga terlalu kurang, karena biasanya akan membuat mata mengantuk.

sumber: backyardonblake.com

Beri Ruang Penyimpanan
Tambahkan rak atau lemari penyimpanan di area yang akan dijadikan ruang kerja. Letakkan peralatan kantor dengan rapi dan teratur agar mudah menemukannya saat dibutuhkan. Begitupun dengan alat tulis yang posisinya di atas meja, jangan biarkan tergeletak begitu saja. Beri wadah khusus untuk meletakkannya agar tetap rapi.

Buat Ruang Terpisah
Ruang kerja tidak akan efektif jika berada di area yang sama dengan ruangan lainnya. Pastikan hanya yang berurusan dengan pekerjaan saja yang ada di ruang kerja agar tidak ada hal-hal lain yang menggangu konsentrasi selama bekerja.

Ciptakan Kenyamanan
Ciptakan kenyamanan bekerja di dalam ruangan, mulai dari meja, kursi, suhu ruangan, sampai suasana di sekitar. Besarnya meja, desain dan bentuk kursi, juga jenis-jenis ATK (alat tulis kantor) harus memberi kenyamanan dalam bekerja.

Personalisasi Ruangan
Agar makin nyaman saat bekerja, munculkan karakter Anda sebagai pemilik ruangan. Letakkan benda-benda favorit seperti foto keluarga, pajangan kesayangan, atau piagam hasil pencapaian karier. Selain bisa mencerminkan diri Anda, barang-barang tersebut juga bisa memberi semangat ketika sedang bekerja.

Tinggalkan Balasan