5 Tahapan yang Harus Dilakukan Sebelum Mengecat Dinding Kamar Mandi

Ukuran kamar mandi yang tak terlalu luas sangat membatasi ruang gerak. Ditambah lagi, banyaknya peralatan mandi dan kebersihan semakin membuat kegiatan mengecat dinding kamar mandi menjadi lebih sulit daripada mengecat dinding ruangan lain di rumah.

Selain dalam hal luas ruangan, dinding kamar mandi juga punya karakteristik dan jenis noda yang berbeda dengan dinding-dinding lainnya di rumah. Untuk memudahkan saat ingin mengecat dinding kamar mandi, berikut ini ada lima langkah yang sebaiknya dilakukan terlebih dahulu.

Bersihkan Dinding dengan Cairan Khusus
Jika dinding ruangan lain bisa dibersihkan hanya dengan menggunakan kemoceng, dinding kamar mandi butuh perlakuan. Di dinding kamar mandi banyak menempel sisa sabun dan zat kimia lain, yang jika sudah lama dibiarkan akan membuat cat dinding kamar mandi mengelupas dan berjamur.

sumber: thespruce.com

Sebelum mengecat dinding kamar mandi, pastikan permukaannya sudah bersih dari noda dan sisa-sisa sabun. Untuk membersihkannya, gunakan cairan pembersih khusus kamar mandi, lalu bilas dengan air dingin. Cairan pembersih juga bisa membantu menghilangkan residu debu dari pengamplasan dan memastikan cat melekat dengan baik di permukaan.

Lepaskan Tangki Kloset
Area dinding di sekitar kloset dan sela-selanya sangat sempit. Untuk memudahkan pekerjaan saat mengecat dinding kamar mandi, lepaskan dahulu tangki penutup kloset. Hal ini lebih efisien ketimbang mencoba mengecat dinding dengan cara memasukkan tangan ke sela-sela kloset yang sangat sempit. Mengecat dengan cara seperti itu hasilnya tidak rata, sehingga harus dipulas ulang berkali-kali.

Beli Cat Khusus Kamar Mandi
Sebaiknya gunakan cat khusus untuk kamar mandi. Cat khusus ini mampu membuat permukaan kamar mandi menjadi anti jamur dan tahan terhadap efek air, uap, dan kelembapan. Namun jika hanya ada cat biasa, maka tambahkan cairan khusus midlewcide yang berguna untuk menghalangi tumbuhnya lumut dan jamur.

Biasanya, saat di toko bahan bangunan, penjual akan memberikan dua jenis cat, yaitu cat untuk dinding lembab dan cat untuk memberi warna pada dinding.

Pilih Cat Berwarna Terang
Saat membeli cat dinding kamar mandi, pilihlah yang berwarna terang. Warna gelap akan membuat kamar mandi terlihat sesak. Namun, sebaiknya tidak mengecat dinding kamar mandi dengan satu warna putih saja. Pilihlah perpaduan warna, misalnya biru dan putih atau kuning dan putih, untuk membuat kamar mandi terkesan sejuk dan cerah.

Mulai dari Plafon
Saat semua langkah sudah dilakukan, mulailah mengecat dinding kamar mandi dari bagian plafon. Jika ada tetesan cat yang jatuh ke permukaan lantai atau dinding, bisa dibersihkan dengan mudah, atau ditimpa dengan cat lagi. Jika mengecat dinding dan langit-langit dengan dua warna yang berbeda, ‘potong’ sudut untuk mendapatkan hasil akhir yang sempurna.

Tinggalkan Balasan