5 Tips Mix and Match Perabotan Jadul di Rumah Bergaya Modern

Jangan buang dulu perabotan jadul warisan orang tua. Pasti ada beberapa di antaranya yang masih bagus dan bisa dimanfaatkan sebagai interior rumah. Walaupun umurnya cukup tua, perabot kuno bisa serasi juga loh diaplikasikan pada rumah bergaya modern.

Coba pilah meja, kursi, lemari, rak, ataupun tempat tidur lawas yang masih layak pakai dan tahan lama hingga beberapa tahun ke depan. Jangan khawatir dengan modelnya yang ketinggalan zaman. Ikuti saja tips mix and match perabotan jadul di rumah bergaya modern berikut ini agar menghasilkan perpaduan interior yang cantik.

Bersihkan Terlebih Dahulu
Sebelum menempatkan perabotan tua di ruangan di rumah, bersihkan terlebih dahulu. Khusus perabot berbahan dasar kayu, cukup dilap menggunakan teak oil atau pledge. Teak oil biasanya dijual di toko bahan bangunan, sementara pledge tersedia di mal atau supermarket. Perawatan menggunakan dua bahan tersebut bisa dilakukan enam bulan sekali. Namun untuk perawatan sehari-hari, cukup menggunakan lap basah.

sumber: tellerreport.com

Untuk furnitur yang memiliki banyak ukiran bisa menggunakan kuas kecil untuk membersihkan lekukan ukiran dari debu. Lalu, celupkan kuas pada cairan teak oil, dan bersihkan kembali lekukan-lekukan ukiran tersebut.

Cat Ulang
Jika permukaan perabotan kuno sudah memudar atau mengelupas, maka perlu dicat ulang. Untuk pemilihan warnanya, padukan dengan tema interior ruangan di rumah.

Sebelum memulai proses pengecatan, ampelas dulu permukaan perabot untuk menghindari debu yang menempel. Lalu, poleskan cat ke semua bagian dan sela-sela furnitur dengan kuas. Agar hasilnya sempurna, poles dengan gerakan yang searah serat kayu.

Sesuaikan dengan Konsep Interior
Tempatkan furnitur lama di ruangan yang juga bisa menghadirkan kesesuaian konsep interior. Misalnya, perabotan jadul bisa diletakkan di teras belakang. Sehingga, barang-barang lawas tersebut tidak mengganggu pemandangan di dalam ruangan yang bergaya modern.

Ganti Kain Pelapis
Nuansa modern juga akan semakin terasa jika kain pelapis furnitur (upholstery) diganti. Motif kain pelapis mebel lawas biasanya sudah ketinggalan zaman dan kusam. Solusinya, ganti kain pelapis dengan yang baru, yang motifnya lebih kekinian atau sesuai dengan keinginan penghuni rumah. Sesuaikan ukurannya dengan membuatnya langsung di tukang jahit langganan.

Tambahkan Bantal Bermotif Modern
Jika memiliki kursi jadul namun dananya terbatas, cukup tempatkan bantal (cushion) bertema modern dan bermotif cerah. Bantal bukan hanya menambah kenyamanan duduk, tapi juga bisa menyulap mebel lama kelihatan seperti baru. Usahakan ganti sarung bantalnya setiap satu bulan sekali.

Tinggalkan Balasan