5 Tips Mudah Membuat Sumur Bor Menggunakan Paralon

Hallo Sobat Ngopi, kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat sumur bor menggunakan paralon dirumah. Apakah kamu adalah salah satu yang sering mengalami kesulitan air ? yuk simak, siapa tau bermanfaat buat Sobat.

Sumber air bersih merupakan komponen penting dari sebuah hunian. Selain dari  PDAM, kamu harus punya sumber air alternatif. Misalnya saja sumur bor yang dapat dibangun di lahan terbatas. Yuk, simak cara membuat sumur bor pakai paralon berikut ini!

Air bersih merupakan salah satu kebutuhan utama dalam rumah tangga. Akan tetapi, tidak semua wilayah memiliki aliran air PDAM. Selain itu, meski memiliki aliran air PDAM, bisa jadi sesekali air kering akibat musim kemarau.

Oleh sebab itu, penting untuk menyiapkan sumber air cadangan seperti sumur. Salah satu jenis sumur yang bisa kamu pilih adalah sumur bor yang tidak memerlukan banyak ruang. Berikut cara membuat sumur bor pakai paralon yang bisa kamu coba dengan mudah.

Apa Itu Sumur Bor?

Pic. By Jasa Sumur Bor Gresik

Sumur bor merupakan sumur yang dibuat dengan mengebor tanah hingga kedalaman tertentu, berbeda dengan sumur gali yang dibuat dengan menggali tanah. Biasanya kedalaman galian bisa mencapai 40-80 meter dan airnya benar-benar jernih.

Untuk membuat sumur bor dengan pipa paralon kamu memerlukan:

  • Besi pengebor tanah dan mata bor
  • Kayu
  • Pipa paralon 5, 3, 1, dan ½ inci
  • Keran
  • Lem pipa
  • Mesin pompa air

Cara Membuat Sumur Bor Pakai Paralon

Tentukan Lokasi Sumur Bor

Sebelum memulai proyek sumur bor, pastikan untuk berkonsultasi dengan aparat setempat untuk meminta izin pengeboran. Ini untuk memastikan nantinya tidak ada permasalahan yang timbul setelah sumur selesai dibuat.

Kemudian lanjutkan dengan memilih titik tanah yang sesuai. Kamu bisa mengecek peta topografi kawasan untuk memastikan kondisi tanah. Namun secara umum, tanah yang baik adalah yang tidak mengandung banyak lumpur, terbuka, dan jauh dari septic tank.

Tentukan Kedalaman Sumur

Pastikan kamu memulai penggalian sumur di musim kemarau. Tujuannya, agar lebih mudah menentukan kedalaman sumur dan mencapai titik sumber air utama.

Biasanya, sumber air bersih mulai bisa ditemukan pada kedalaman 17-20 meter. Namun jika dilakukan di musim hujan, kedalamannya bisa lebih dangkal karena debit air bertambah akibat hujan.

Pemasangan Besi Pengebor Tanah

Langkah berikutnya dalam cara membuat sumur bor pakai paralon adalah memasang besi pengebor tanah.Besi ini berukurang sangat panjang, sesuai dengan kedalaman sumur yang diharapkan.

Pada bagian ujung, pasang mata bor yang tajam agar dapat menembus tanah dengan baik. Jika dilakukan dengan tenaga manusia, waktu pengeboran bisa mencapai 5-7 hari dengan waktu kerja 8 jam.

Pemasangan Pipa Paralon

Jika sudah mencapai titik yang diinginkan, kamu bisa mulai memasang rangka paralon. Gunakan pipa paralon atau PVC dengan ketebalan yang baik agar kuat menahan tekanan air.

Jika tidak, khawatirnya pipa patah atau jebol ditengah penggunaan. Pasang pipa berukuran besar terlebih dahulu, baru mengecil ketika semakin ke ujung.

Tujuan utamanya agar pipa besar dapat melindungi pipa kecil dari tekanan air. Pastikan juga air yang keluar bebas dari pasir dan lumpur agar tidak menyumbat pipa nantinya.

Tahap Instalasi Akhir

Tahap terakhir adalah menyambungkan pipa dari sumur ke mesin pompa air. Jika ada cukup ruang, kamu bisa membuat rangka sambungan menuju paralon agar air yang disedot bisa ditampung dengan baik.

Baru kemudian sambungkan paralon dengan jalur air yang menuju ke rumah. Penampungan di paralon juga bisa membantu menjernihkan air sebelum dipakai. Jika air lebih jernih, tentu penggunaannya akan lebih sehat dan aman untukmu, Sobat!

Nah Sobat iulah tips membuat sumur bor di rumah, siapa tau ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk kamu yang kadang kesulitan air bersih . Selamat Mencoba!

Sumber : 99.co Indonesia

Tinggalkan Balasan