5 Tips untuk Mewujudkan Sebuah Rumah Ramah Lingkungan

Jika Sobat Ngopi termasuk orang yang peduli dengan kelestarian lingkungan serta khawatir dengan efek polusi dan pemanasan global, rasanya kurang lengkap jika tidak tinggal di rumah yang ramah lingkungan. Karena semestinya, menjaga lingkungan itu harus dimulai dari yang paling dekat, yakni rumah kita sendiri.

Tidak sulit kok untuk mewujudkan sebuah rumah yang ramah lingkungan. Berikut ini empat tips yang berguna untuk menciptakan rumah dengan desain dan konsep yang dekat dengan kelestarian lingkungan dan alam.

Perbanyak Ventilasi
Untuk lebih menghemat energi listrik di rumah, desain rumah dengan banyak jendela dan saluran udara. Hal ini agar dapat menghemat penggunaan AC ataupun kipas angin. Banyaknya jendela juga membuat rumah lebih sehat dengan masuknya udara yang segar.

sumber: dmproperties.com

Aplikasikan Atap Kaca
Gunakan atap transparan dari kaca untuk membuat rumah menjadi lebih terang. Atap kaca dapat mengurasi penggunaan lampu pada siang hari.

Gunakan Material yang Ramah Lingkungan
Persediaan kayu di Indonesia semakin hari semakin menipis akibat banyaknya industri yang memproduksi barang berbahan kayu seperti tisu, kertas, dan lain-lain. Untuk itu, hindari menggunakan material kayu di rumah. Untuk atap rumah, gunakan rangka berbahan baja ringan untuk menghindari penggunaan kayu. Untuk kusen, jendela, dan pintu, gunakan bahan PVC/UPVC atau alumunium.

Gunakan Alat Elektronik Ramah Lingkungan
Untuk menghemat energi, sebisa mungkin hindari penggunaan alat elektronik. Alat elektronik yang berbahaya bagi lingkungan adalah AC dan lemari es. Hal ini dikarenakan keduanya menggunakan freon. Karena itu, pilihlah alat elektronik yang bebas CFC agar dapat mengurangi dampak lingkungan yang terjadi.

Buat Taman
Pohon dan tanaman sangat diperlukan untuk penyerapan air, pencegah banjir, penghasil oksigen, dan penyerap polusi udara. Untuk membuat rumah yang lebih sehat serta membantu mengurangi polusi, buatlah sebuah taman yang dipenuhi dengan pohon, bunga, dan berbagai tanaman yang bukan cuma bermanfaat bagi lingkungan, tapi juga bisa mempercantik rumah. Jika tidak memiliki cukup lahan untuk membuat taman, letakkan beberapa tanaman pot di sekitar rumah yang dapat membantu lingkungan agar tetap bersih.

Tinggalkan Balasan