6 Cara Hemat Bangun Rumah Sendiri

Selain membeli secara tunai ataupun mengajukan KPR, pilihan mewujudkan rumah impian adalah dengan membangunnya dari nol. Namun karena prosesnya yang relatif lama, akan memakan biaya ekstra untuk pengerjaannya dan juga tukang. Jika tidak cermat, jatuhnya bisa jadi lebih mahal ketimbang membeli rumah.

Agar tujuan membangun rumah untuk menekan bujet bisa tercapai, perlu langkah-langkah yang dapat mengurangi pengeluaran untuk pembangunan. Berikut ini cara hemat membangun rumah sendiri yang bisa Sobat Ngopi lakukan.

Desain Rumah
Sebelum membangun rumah, tentukan desain rumah sesuai keinginan atau kebutuhan keluarga. Jika ingin lebih hemat, sebaiknya pilih model minimalis dan tidak menggunakan jasa arsitek. Untuk mendapatkan disain rumah yang menarik, cari contohnya di situs-situs desain. Atau, jika mempunyai keluarga atau teman seorang arsitek, cobalah untuk meminta bantuan mereka.

sumber: constructionexec.com

Bentuk Rumah
Bentuk rumah akan mempengaruhi biaya yang akan dikeluarkan. Umumnya bentuk rumah kotak atau persegi panjang jauh lebih murah dan efisien dibanding bentuk rumah lain, seperti bersudut, segitiga, atau lengkungan, karena akan banyak menyisakan bahan bangunan.

Riset Harga
Lakukan riset harga bangunan di beberapa toko bangunan. Pilih bahan bangunan yang kualitasnya bagus dan awet, tapi harganya agak miring. Terkadang toko bangunan menawarkan harga berbeda untuk barang yang sama. Dengan melakukan riset ke lapangan seputar harga bahan bangunan seperti semen, pasir, tembok, cat, atap, dan sebaginya, lebih mudah untuk memutuskan mana yang terbaik untuk dibeli.

Diskon
Manfaatkan diskon yang ada untuk membeli bahan bangunan. Dengan mendapatkan diskon pembelian, misalnya dalam jumlah besar atau dari teman yang memiliki toko bangunan, maka akan makin menekan biaya pembangunan rumah. Biasanya beberapa toko bangunan moderen juga menawarkan potongan diskon bagi pemegang kartu kredit tertentu.

Bangun Bertahap
Kalau ternyata bujetnya tidak cukup untuk membangun rumah secara sekaligus, bangun saja secara bertahap. Misalnya, dengan membangun pondasinya dulu. Kemudian jika uang sudah terkumpul lagi, lanjutkan dengan pembangunan tembok dan atap. Setelah itu, teruskan dengan bagian dalam rumah, seperti kamar tidur, kamar mandi, dapur, lantai, plafon, teras, pagar, dan lainnya. Membangun rumah sendiri dengan cara bertahap lebih murah dibanding harus mencicil rumah bertahun-tahun mengingat bunga kredit yang makin lama makin menjulang tinggi.

Teliti Mencari Tukang
Untuk membangun rumah, tentu membutuhkan tukang. Pada tahap ini, harus selektif dalam mempekerjakan tukang bangunan. Usahakan untuk melakukan negosiasi untuk mendapatkan upah terbaik. Biasanya, tukang yang tinggal jauh dari pusat kota memberikan tarif lebih murah di bandingkan yang tinggal di pusat kota.

Tinggalkan Balasan