6 Kesalahan Ini Bikin Kamar Tidur Terasa Sempit

Banyak hal yang membuat ruangan, khususnya kamar tidur, terasa sempit. Selain ruangannya yang mungkin memang kecil, peletakan dan susunan barang juga bisa menciptakan kesan sempit. Karena itu, banyak hal yang harus diperhatikan saat mendekorasi kamar tidur, agar tidak ada kesalahan yang bikin ruangan terasa sempit.

Ada enam kesalahan yang umum dilakukan dalam mendesain kamar tidur, terutama terkait letak dan susunan barang-barang di dalamnya, di antaranya:

Meletakkan Barang Horizontal
Kebanyakan orang meletakkan barang secara horizontal atau mendatar ke samping. Susunan seperti itu sangat memakan tempat, apalagi kalau ruangannya pun tidak terlalu luas.

sumber: maskmagazine.com

Cobalah untuk memanfaatkan ruang secara vertikal. Jika banyak barang di kamar, tumpuk ke atas, bukan ke samping. Manfaatkan juga dinding kamar dengan membuat beberapa susunan rak atau sekat untuk menyimpan barang.

Melipat Baju
Melipat baju membuat lemari pakaian menjadi sempit. Akan lebih baik jika menyusun baju dengan cara menggantungnya. Dengan begitu, akan ada ruang lebih untuk menyimpan sepatu dan perlengkapan lainnya di dalam sekat lemari yang tersedia.

Tempat Tidur Menempel di Lantai
Tempat tidur memang umumnya diletakkan menempel dengan lantai rumah. Tapi ternyata, hal yang umum itu adalah kesalahan dalam dekorasi ruang yang tidak terlalu luas.

Cobalah membuat tempat tidur tampak melayang di atas lantai. Menyangga tempat tidur dengan anak tangga merupakan cara yang paling mudah dan paling murah untuk memberikan ruang penyimpanan di bawah tempat tidur.

Memasukkan Semua ke Dalam Laci
Seringkali terjadi, semua benda dimasukkan ke dalam laci ruangan tampak rapi. Memang benar, dari luar sudah terlihat rapi. Tapi coba lihat ke dalam laci, biasanya sih isinya sangat berantakan dan laci jadi terasa sempit.

Beri sedikit ruang, cukup beberapa milimeter saja di dalam laci, untuk membuat sekat dan membaginya ke dalam beberapa bagian. Dengan begitu, barang-barang di dalam laci akan tersimpan lebih rapi dan teratur.

Pakai Cat Warna Gelap
Warna cat yang gelap bisa membuat ruangan tampak sesak dan sempit. Berikan warna yang cerah dan bercahaya pada kamar untuk menimbulkan ilusi yang lebih luas dan membuat kamar tampak lebih hidup.

Membiarkan Kamar Berantakan
Membiarkan barang-barang berserakan di dalam ruangan kecil sudah pasti bisa membuat kamar jadi sempit. Simpan barang yang sekiranya tidak akan digunakan dalam waktu dekat, dan singkirkan beberapa barang yang sudah tidak terpakai dengan membuang, menjual, atau mendonasikannya.

Tinggalkan Balasan