6 Langkah Tepat dan Hemat Mendekorasi Rumah Baru

Pindah ke rumah baru sangat membahagiakan. Namun walaupun menyenangkan, urusan mendekorasi rumah bisa sangat merepotkan dan menguras isi dompet. Banyak furnitur dan perabotan yang harus diisikan ke dalam rumah tentu saja akan membutuhkan bujet yang cukup besar.

Lalu bagaimana caranya agar kegiatan mendekorasi rumah bisa lebih hemat dan tak memakan terlalu banyak biaya? Berikut ini langkah tepat dalam mendekorasi rumah baru dengan bujet yang lebih murah.

Jual Barang di Rumah Lama
Sebelum berencana untuk pindah ke rumah baru, rapikan dulu rumah yang akan ditinggalkan. Kumpulkan barang-barang yang ada di rumah dan kemas dalam kotak kardus untuk mempermudah proses packing. Proses ini akan membuat penghuni rumah terkejut saat melihat betapa banyak barang yang dimilikinya. Jika ada barang-barang yang sudah tidak dipakai lagi namun masih layak, buatlah garage sale di depan rumah atau jual barang-barang tersebut di forum marketplace.

sumber: freepik.com

Mulai dari Kamar tidur
Kamar tidur menjadi tempat menghabiskan hampir sepertiga waktu di rumah. Sangat penting menginvestasikan uang untuk mendekorasi kamar tidur. Oleh karena itu, jika memiliki bujet yang terbatas, pertimbangkan untuk membeli kasur yang baru.

Jika memiliki dana lebih, tidak ada salahnya memberikan sentuhan berbeda pada warna cat dinding. Untuk morning person yang aktif beraktivitas di pagi hari, pilih warna-warna colorful yang cerah. Sementara untuk yang hobi bergadang di malam hari, warna yang gelap cocok untuk dipilih. Jangan lupa untuk memilih warna sesuai kepribadian agar tidak membosankan dalam jangka waktu yang lama.

Jangan Langsung Borong Perabot
Setidaknya, tinggali dulu rumah baru dalam jangka waktu dua bulan sebelum mendekorasinya. Jangan langsung memborong perabot begitu pindah ke rumah baru. Perlu diketahui, ada perbedaan penting antara bayangan tinggal di rumah baru dengan perasaan setelah benar-benar meninggali rumah tersebut. Bisa saja bujet sebesar Rp 5 juta yang telah direncanakan untuk mendekorasi dapur tidak sepenting jika mendekorasi ruang makan lebih dahulu.

Hindari Beli Furnitur Satu Set
Toko perabot sering kali memajang furnitur atau barang-barang rumah tangga dalam satu set. Tujuannya, mereka ingin menggoda agar semuanya dibeli dalam satu set. Tahanlah godaan untuk membeli furnitur dalam satu set karena akan menjadikan rumah tampak seperti menjadi showroom furnitur. Cobalah untuk menonjolkan ciri khas dan gaya dekorasi sendiri, dan jangan takut untuk melakukan mix and match sesuai selera.

Padankan Furnitur yang Sudah Ada
Jika rumah yang akan ditempati sudah berisi furnitur, bujet jadi lebih hemat karena tak perlu membeli yang baru. Cara paling mudah dan murah untuk mendekorasinya adalah dengan memadankannya dalam satu warna yang senada. Misalnya jika sudah ada sofa, tinggal tambahkan karpet atau aksesori lain dengan warna senada agar terlihat saling melengkapi satu sama lain.

Lebih Baik Ubah daripada Beli Baru
Usahakan semua dekorasi yang dilakukan tidak memakan banyak biaya. Misalnya, jika di dapur sudah ada, tapi warnanya tak sesuai selera, maka tidak perlu beli lemari baru, tapi ubah saja warna lemari sesuai keinginan. Namun sebagai catatan, jangan beli cat kayu yang harganya mahal.

Tinggalkan Balasan