6 Tips Nyaman Tinggal di Kontrakan, Serasa di Rumah Sendiri!

Hallo Sobat Ngopi kali ini kita akan membahas mengenai tips nyaman tinggal di kontrakan lho Sobat… Tuk simak selengkapnya..

Tips dan Trik Menata Kontrakan agar Lebih Homey

Sistem hunian kontrakan pastinya bukan lagi hal baru lagi bagi masyarakat Indonesia. Walaupun tidak memiliki properti pribadi yang bisa dihuni, penyewa pasti juga ingin nyaman dan punya rasa sayang terhadap hunian. Nah, bagaimana caranya membuat kontrakan terasa nyaman tanpa harus repot renovasi atau merombak? Langsung deh intip delapan tips dan trik dari Kania di bawah ini!

Perbanyak Dekorasi Hijau

Pic. By gardentabs.com

Bukan rahasia lagi, nih kalau tanaman hijau bisa jadi dekorasi rumah yang paling bikin nyaman. Dengan begitu, kontrakan pun bisa terasa lebih hidup dan hangat, plus membuat udara lebih fresh dan juga sehat untuk semua penghuni. Pilihlah beberapa tanaman indoor untuk dipelihara di dalam kontrakan. Jangan lupa sesuaikan juga dengan kemampuan perawatan yang kamu miliki, ya! 

Atur Pencahayaan Ruangan

Pic. By dekoruma.com

Baik untuk kontrakan yang ukurannya besar hingga kecil, selalu ada cara membuat suasana terasa lebih homey dengan pencahayaan. Tempatkanlah lampu berdiri di ruang keluarga kontrakan untuk kesan yang lebih rileks dan santai. Kamu juga bisa menggunakan lampu nakas yang berukuran kecil untuk di samping tempat tidur. Prinsipnya, pengaturan pencahayaan lampu sangat berpengaruh pada look & feel kontrakan agar terasa lebih pas dan nyaman.

Pilih Furnitur yang Space Saving

Pic. By dekoruma.com

Salah satu tantangan dengan kontrakan adalah soal ketersediaan ruang. Semakin lapang dan banyak space, maka suasana bisa makin nyaman. Solusinya cukup dengan memilih perabot yang memiliki beberapa fungsi sekaligus, misalnya sofa yang merangkap tempat penyimpanan dan tempat tidur, atau coffee table portable yang bisa dilipat. Selain itu, pilih juga furnitur yang yang punya nuansa dekoratif sehingga bisa mengubah tampilan kontrakan jadi lebih menarik.

Pilih Juga Furnitur Freestanding

Pic. By realestate.com.au

Nah, karena kontrakan bersifat tidak permanen, maka ada baiknya kamu memilih perabotan yang tidak terpasang pada dinding dan tidak repot bongkar-pasangnya. Sebaiknya, pilih furnitur yang bisa berdiri sendiri sehingga mudah untuk dipindahkan ke hunian selanjutnya. Salah satu favorit Kania adalah rak bentuk tangga untuk ruang tamu atau kamar mandi yang pastinya akan membuat kontrakan terasa stylish dan juga efisien!

Perhatikan Ruang Pribadi

Pic. By nestingwithgrace.com

Esensi dari setiap hunian tidak terlepas dari fungsinya untuk kebutuhan istirahat, relaksasi, dan perasaan tenang. Tak terkecuali untuk kontrakan. Ruang pribadi seperti kamar tidur dan kamar mandi bisa memberikan kenyamanan ekstra. Jadi, pastikan kamu sudah menata secara khusus pada kedua ruangan tersebut di kontrakan.

Prioritaskanlah selera dan keinginan sesuai space yang ada. Lalu, sesuaikan juga penataannya dengan furnitur atau perabotan yang akan digunakan. Misalnya, untuk di kamar tidur, kamu memilih ukuran tempat tidur yang nyaman dan pas, atau pemilihan seprai yang menarik. Begitu juga dengan kamar mandi, tekankanlah pada kenyamanan supaya kamu makin betah. 

Jangan Lupakan Hal-Hal Kecil

Pic. By littlerealestate.com.au

Sama seperti rumah milik sendiri, semakin lama seseorang di kontrakan, maka kontrakan akan terasa semakin homey. Oleh karena itu, tetap berikan sentuhan kecil yang bisa memberikan pengaruh besar pada kenyamanan di kontrakan. Pilihan seperti vas dekoratif, ornamen dan pernak- pernik kecil bisa jadi solusi terjangkau untuk kontrakan yang terasa mewah dan nyaman.

Nah itu dia sobat yang bisa kita informasikan, semoga bermanfaat yaa…

Sumber : Dekoruma.com

Tinggalkan Balasan