6 Trik Menghemat Pengeluaran Saat Pindah Rumah

Banyak hal yang harus dipertimbangkan saat akan pindah ke rumah baru. Bukan hanya bujet untuk membeli rumahnya, tapi juga perlu anggaran khusus untuk pindahannya. Karena walaupun sedikit, pasti ada saja barang yang akan dibawa dari rumah lama ke rumah baru yang akan ditempati.

Agar bujet pindahan tidak membengkak, perlu diperhatikan barang-barang apa saja yang akan dipindahkan ke rumah baru. Berikut ini enam trik yang akan membantu Sobat Ngopi menghemat pengeluaran saat pindah rumah

Jual Barang yang Tak Diperlukan
Sebelum pindah rumah, klasifikasikan dulu barang-barang ke dalam kategori sangat penting, penting, cukup penting, dan tidak penting. Tanyakan pada diri sendiri, barang-barang apa saja yang masih dipakai di rumah baru nanti dan yang sebaiknya ditinggalkan. Langkah ini perlu dilakukan untuk meminimalisir bobot barang yang akan dibawa ke rumah baru.

sumber: money.co.uk

Jika memiliki furnitur, pajangan, sepatu, dan pakaian yang masih layak pakai, cobalah untuk menjualnya melalui bazar atau membuat garage sale di halaman depan rumah. Selain jumlah barang pindahan berkurang, juga bisa menambah pundi-pundi uang untuk biaya pindahan.

Kumpulkan Kardus sebelum Pindah
Jika waktu pindahan tinggal tiga bulan lagi, mulailah mengumpulkan kardus bekas. Untuk barang-barang yang mudah pecah atau berharga, pilih kardus yang kokoh dan tebal seperti kardus televisi atau AC. Jika kardus terkumpul banyak, tak perlu keluar uang untuk membeli kardus untuk pindahan nanti

Packing Sendiri
Banyak orang yang tidak mau repot dan memilih untuk mempekerjakan tukang dalam urusan pindah rumah. Padahal, dengan mengerjakan sendiri urusan packing barang-barang akan sangat menghemat bujet pindahan.

Paling tidak, sempatkan waktu sekitar dua jam setiap harinya untuk mengepak barang-barang. Agar pekerjaan menjadi lebih ringan, minta tolonglah pada keluarga, sahabat, atau pasangan untuk mengerjakan packing barang untuk pindahan.

Pinjam Mobil
Hindari menggunakan jasa movers profesional saat pindah rumah. Agar lebih hemat, sebaiknya menyewa mobil pick up yang khusus untuk mengangkut barang.

Jika ingin lebih hemat lagi, mintalah bantuan teman terdekat dengan meminjam mobilnya untuk memindahkan barang-barang ke rumah baru. Sahabat dekat biasanya tidak akan meminta bayaran, namun balaslah jasa mereka dengan memberikan uang bensin atau mentraktir di kafe kesukaan.

Putuskan Layanan Utilitas
Sebelum pindah rumah, jangan lupa putuskan layanan utilitas yang sifatnya langganan, seperti telepon rumah, tv kabel, dan internet. Saat waktu pindahan tinggal satu bulan lagi, segera hubungi call centre yang bersangkutan untuk memutus layanan ini. Jadi saat sudah pindah nantyi, tak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk layanan-layanan tersebut.

Beli Furnitur Seperlunya
Setelah pindah ke rumah baru, tahanlah godaan untuk mengisi rumah dengan berbagai furnitur. Harus diingat, masih ada kebutuhan lain yang lebih penting dari sekadar beli furnitur baru. Jika memang barang tersebut sangat diperlukan, belilah di toko furnitur yang sedang menawarkan promo cuci gudang dan potongan harga yang besar.

Tinggalkan Balasan