7 Jenis Tanaman Hias Ini Cocok Ditempatkan di Area Outdoor

Halaman, teras depan, dan area belakang rumah rasanya kurang lengkap jika tidak dihiasi tanaman hijau. Selain bisa memperindah dan mempercantik tampilan eksterior rumah, kehadiran tanaman hias juga memberi kesejukan dan udara segar bagi bagi si penghuni rumah.

Banyak sekali jenis tanaman hias yang bisa dipilih sesuai selera Sobat Ngopi. Namun agar tak bingung dalam menentukan pilihan, berikut tujuh jenis tanaman hias yang selain cocok untuk area outdoor, juga banyak digemari masyarakat.

Cemara Kipas

sumber: mytipsmenanambunga.blogspot.com

Nama Latin cemara kipas adalah thuja occidentalis. Tanaman ini memiliki bentuk yang menyerupai piramida dan bisa tumbuh hingga 20 meter. Cemara kipas sangat mudah ditemukan dan cukup fleksibel untuk dikreasikan sesuai keinginan.

Untuk penempatannya, letakkan cemara kipas secara berbaris atau berjajar hingga menyerupai pembatas jalan. Jika deretan cemara kipas diletakkan di depan pintu masuk, tanaman ini bisa berfungsi sebagai petunjuk arah.

Selain bisa mempercantik taman, wangi cemara yang khas juga akan tercium dan memunculkan kesegaran tersendiri.

Palem Putri

sumber: bukalapak.com

Palem putri bisa tumbuh hingga 7 meter. Tanaman ini cocok dengan cuaca tropis, sehingga ideal diletakkan pada taman belakang rumah atau sebagai peneduh di pinggir kolam renang. Palem putri bisa membuat rumah menjadi lebih rindang, namun tak terlihat janggal atau terlalu besar. Buahnya yang berwarna merah menjadi pemanis dari pohon yang memiliki nama latin Veitchia merrillii ini.

Anthurium

sumber: pertanianku.com

Anthurium, atau disebut juga Kuping Gajah banyak digemari masyarakat dan ditanam banyak taman rumah. Anthurium memiliki keunggulannya, yaitu daunnya yang indah, bervariasi, dan memiliki tulang daun yang besar dan menonjol, sehingga tanaman ini terlihat tebal dan kekar. Selain itu, warna daunnya yang indah jadi daya tarik tersendiri.

Terdapat banyak jenis Anthurium, dan jenis yang paling popular adalah jenis Jenmanii.

Aglaonema

sumber: casaindonesia.com

Selain karena bentuknya yang unik, corak dan warna Aglaonema yang indah menjadi alasan mengapa tanaman ini sangat populer sebagai penghias taman rumah.

Tanaman yang bernama lain Chinese Evergreen atau tanaman Sri Rejeki ini tidak membutuhkan banyak perawatan, sehingga tak perlu repot menjaganya agar tetap terlihat bagus.

Bugenvil

sumber: flickr.com/Huamunan

Untuk tanaman yang tahan terhadap panas matahari dan minim perawatan, pilihlah Bugenvil atau Bunga Kertas. Selain itu, Bugenvil juga cocok bagi untuk yang menginginkan kehadiran bebungaan di taman.

Bugenvil cocok ditanam di sekitar pintu masuk rumah untuk memberikan kesan yang hangat dan mengundang.

Lili Paris

sumber: bungaku.com

Lili Paris berasal dari Afrika Selatan, dan memiliki nama Latin chlorophytum comosum. Lili Paris memiliki ukuran yang relatif lebih kecil, yakni sekitar 10 cm. Karena daunnya tipis dan tampilannya fleksibel, tanaman ini sangat serasi dengan taman minimalis maupun tropis.

Lili Paris tidak memerlukan perawatan intensif, cukup dengan memberi pupuk setiap minggu. Lili Paris akan terlihat lebih indah saat tumbuh bunga yang umumnya berwarna putih.

Philodendron

sumber: guildfordgardencentre.com.au

Philodendron berasal dari bahasa Yunani, yaitu Philo yang berarti “cinta” dan Dendron yang berarti “pohon. Serupa dengan Anthurium dan Aglaonema, Philodendron juga merupakan tanaman dengan karakteristik daun yang lebar dan besar. Di antara jenis-jenis Philodendron yang ada, jenis Cardinal Black merupakan jenis yang paling populer. Cardinal Black memiliki daun yang berwarna merah tua, sehingga akan memberikan sentuhan warna baru pada taman. Namun, jika menginginkan warna hijau yang senada dengan tanaman hias yang sudah ada di taman, pilih saja jenis Philodendron yang lainnya.

Tinggalkan Balasan