8 Bagian Ini Harus Dipercantik Saat Akan Menjual Rumah

Menjual rumah tidak bisa menawarkan begitu saja rumahnya dalam keadaan apa adanya. Harus ada beberapa bagian yang diubah dan diperbaiki. Jika tidak ada dana lebih untuk melakukan renovasi, mempercantik beberapa bagiannya saja sudah cukup untuk menambah nilai jual rumah.

Berikut ini bagian-bagian rumah yang harus dipercantik dan dibuat lebih menarik sebelum Sobat Ngopi memutuskan untuk melepasnya ke pasar properti.

Taman
Taman di halaman diibaratkan sebagai ruang ekstra di rumah. Agar nilai jual rumah maksimal, percantik taman dengan menempatkan tanaman asli, terutama yang eksotis. Jika punya dana berlebih, akan lebih baik jika desain taman diubah agar senada dengan fasad rumah. Bisa pula tambahkan kolam ikan sebagai penambah daya tarik.

sumber: bestlifeonline.com

Pagar
Pastikan pagar yang dipasang tampilannya sesuai dengan gaya rumah. Misalnya, pagar kayu untuk rumah bergaya klasik seperti Edwardian atau Victorian. Namun, pada rumah bergaya modern penggunaan pagar kayu dirasa kurang menarik.

Dinding
Sebelum menjual rumah bersihkan dan rapikan dulu bagian dindingnya. Perhatikan kondisi dinding di setiap ruangan. Jika menemukan ada retak, segera perbaiki.

Jika catnya sudah pudar dan dindingnya kotor, lakukan pengecatan ulang. Pilih warna cat yang netral dan elegan karena warna seperti itu akan membuat rumah terlihat siap ditempati tanpa harus mengganti warnanya lagi.

Pergola
Pergola merupakan bagian rumah yang berdiri sendiri, yang biasanya berfungsi sebagai peneduh dan ditumbuhi tanaman rambat. Jika rumah yang akan dijual memiliki pergola, rapikan tanaman rambatnya agar terlihat lebih indah dan makin menambah suasana sejuk dan asri.

Furnitur Kayu
Jika terdapat furnitur kayu, poles dahulu agar terlihat seperti baru. Untuk furnitur outdoor berbahan kayu jati yang ada di taman, poleslah dengan menggunakan minyak kelapa, yang akan memberi kesan furniturnya terawat dengan baik.

Lantai Kayu
Jika lantai rumah menggunakan kayu, berikan perawatan intensif. Karena lantai kayu lebih cepat lembab dan menyerap air dibandingkan dengan lantai keramik, noda dari debu dan cairan akan lebih sulit dihilangkan daripada lantai keramik.

Untuk membersihkannya, gunakan kain pembersih yang berkualitas. Perhatikan juga banyaknya cairan yang dituang. Jangan terlalu banyak karena justru akan meninggalkan noda membandel dan semakin sulit dibersihkan dari lantai kayu.

Plafon
Plafon yang bersih dan terawat akan menjadi nilai tambah sebuah rumah yang akan dijual. Karena itu, jangan sampai ada kotoran, debu, dan sarang laba-laba yang menempel di plafon saat rumah akan dijual.

Membersihkan plafon sendiri pekerjaan yang relatif mudah. Membersihkan plafon bisa dilakukan sendiri dengan menggunakan sapu atau sikat bergagang panjang.

Pajangan
Menghias interior ruangan dengan pajangan seperti tanaman hias, vas bunga, lukisan, ataupun patung, akan membuat calon pembeli merasa si pemilik rumah sangat serius dalam mengelola huniannya. Selain itu, tambahkan pula pewangi ruangan atau aromaterapi untuk memunculkan atmosfer segar di dalam rumah.

Tinggalkan Balasan